Home > Kajian Islam > KELEDAI KOK DIBILANG KUDA??

KELEDAI KOK DIBILANG KUDA??

Ketika ada orang yang melihat seekor keledai dan mengatakan bahwa keledai itu adalah kuda, lalu apa tanggapan anda?? Mungkin anda akan mengatakan bahwa mungkin orang itu sedang bercanda atau mungkin orang itu adalah orang bodoh. Tapi ternyata orang itu tetap ngotot mengatakan bahwa keledai tersebut adalah kuda, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang bodoh. Kewajiban kita yang mempunyai pengetahuan tentang apa itu keledai dan apa itu kuda adalah memberi atau membagi pengetahuan kita kepada orang tersebut agar ia bisa membedakan mana kuda mana keledai.

Begitupun ketika ada orang yang tidak bisa membedakan apa itu Tuhan dan apa itu berhala, maka tentu saja kita sebagai orang yang mempunyai pengetahuan tentang itu mempunyai kewajiban untuk memberi atau membagi ilmu kita agar orang tersebut tidak terjebak pada penyembahan kepada selain Tuhan. Untuk itu mari kita belajar apa itu Tuhan dan apa itu berhala.

Pada dasarnya konsep Tuhan lahir dari kekaguman manusia pada alam semesta ini. Alam semesta yang maha luas dan begitu teratur tidak mungkin terjadi dengan sendirinya. Pasti ada yang menciptakan dan mengaturnya, keterbatasan manusia dalam mencari siapa yang menciptakan alam semesta ini hanya berakhir pada kesimpulan bahwa memang ada “sesuatu” yang menciptakan alam semesta ini walau sosok aslinya belum pernah diketemukan. “Sesuatu” tersebut dinamakan Tuhan. Jadi pencarian Tuhan hanya berakhir pada eksistensinya, bukan subtansinya.

(Secara filsafat , prestasi dalam pencarian Tuhan biasanya berujung pada penemuan eksistensi Tuhan saja, dan tidak sampai pada substansi tentang Tuhan. Dalam istilah filsafat eksistensi Tuhan itu dikenal sebagai absolut, berbeda (distinct) dan unik) http://id.wikipedia.org/wiki/Tuhan

Jadi keberadaan Tuhan bisa diketahui disebabkan adanya alam semesta ini. Sesuatu yang “ada” pasti ada yang meng”ada”kannya. Hukum sebab akibat keber”ada”aan alam semesta ini berakhir pada Tuhan. Tuhan bukan merupakan sosok fisik yang diketahui keberadaanNya, melainkan sosok yang misterius yang menjadi akhir pencarian tentang hukum sebab akibat terjadinya alam semesta ini. Itulah mengapa orang-orang Atheis menolak adanya Tuhan, karena Tuhan dianggap tidak pernah bisa dibuktikan keberadaanNya secara nyata dan kasat mata. Orang atheis hanya mengakui sesuatu itu “ada” kalau ia memang “ada” dan bisa dibuktikan keber”ada”anNya secara nyata dan kasat mata. Namun menurut saya orang-orang atheis sudah terjebak pada pemahaman yang salah karena kalau Tuhan bisa dibuktikan keber”ada”anNya secara nyata dan kasat mata, maka Ia tidak bisa lagi disebut Tuhan.

Tuhan memang sesuatu yang tidak bisa dibuktikan keberadaaNya secara nyata dan kasat mata, namun Tuhan bisa dibuktikan keberadaanNya sebab adanya alam semesta ini. Tuhan menjadi akhir dari ketidakmampuan manusia dalam mencari siapa pencipta alam semesta ini. Bila ada orang yang mampu menghadirkan sosok fisik yang menciptakan alam semesta ini, maka barulah bisa dikatakan Tuhan tidak ada. Itulah sebabnya kenapa orang-orang atheis terus berusaha mencari asal mula terjadinya alam semesta ini. Teori yang paling mutakhir adalah teori bigbang, namun sebelum bigbang terjadi, tentu ada peristiwa lagi yang melatar belakangi bigbang terjadi, lalu dibelakang peristiwa yang melatarbelakangi bigbang terjadi tentunya ada peristiwa lagi. Begitulah seterusnya yang walau mau dirunut kebelakang, maka otak manusia hingga saat ini belum ada yang mampu menjawabnya. Karena belum ada yang mampu menemukan asal muasal terjadinya alam semesta ini secara pasti, maka Tuhan tetap ada. Semua agama yang menjadi sumber pengetahuan tentang apa itu “Tuhan” pun mempunyai konsep yang sama.

Agama Hindu mengatakan bahwa Tuhan atau yang dikenal sebagai Yang Maha Esa adalah sosok yang tidak terkatakan, tidak berhingga dan tidak tergambarkan. Para Nabi mengatakan bahwa Tuhan adalah sosok yang tidak pernah dilihat oleh siapapun didunia ini. Semua mempunyai konsep yang sama tentang Tuhan yaitu sebagai oknum pencipta alam semesta ini yang tidak pernah diketahui bagaimana sosokNya secara nyata dan kasat mata.

Dibanyak agama, Tuhan berusaha untuk lebih didekatkan kepada manusia. Maka muncullah oknum-oknum yang dikatakan sebagai Tuhan yang turun kedunia dengan misi-misi tertentu untuk lebih mendekatkan diri kepada manusia. Tuhanpun mempunyai bentuk fisik yang bisa digambarkan dan bisa dibuktikan secara kasat mata. Tentu ini bersebrangan dengan konsep Tuhan yang sebenarnya. Bentuk-bentuk fisik yang dianggap sebagai Tuhan yang turun kebumi disebut juga dengan konsep “Berhala”. Jadi bila ada Tuhan yang dikatakan bisa dibuktikan keberadaanNya dan diketahui bagaimana sosokNya, maka Tuhan tidak bisa lagi disebut Tuhan melainkan Berhala. Konsep agama yang didalamnya terdapat konsep berhala disebut sebagai agama politheism. Ada yang soft politheism dimana faham ini mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa yang bisa mewujudkan diri dalam satu atau banyak bentuk fisik, atau hard politheism yaitu faham yang hanya mengakui Tuhan yang berbentuk fisik saja (berhala), sedang Tuhan yang sebenarnya tidak diakui karena tidak bisa dibuktikan keberadaanNya secara nyata dan kasat mata. Ajaran agama yang masih memegang konsep Ketuhanan dengan benar disebut sebagai agama monotheism.

Dari penjelasan diatas maka seharusnya sekarang kita sudah bisa membedakan mana yang disebut Tuhan mana yang disebut berhala. Jadi jangan sampai ada lagi yang mengatakan bahwa berhala itu adalah Tuhan, jangan sampai ada yang mengatakan lagi bahwa keledai itu adalah kuda. Itu adalah bentuk kebodohan yang nyata.

Advertisement
Categories: Kajian Islam Tags: ,
  1. November 29, 2011 at 11:29 pm | #1

    Bila ada yang Keukeuh mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan maka itu adalah orang yg tidak memahami pengertian Tuhan. nah bila ada yang menuhankan Yesus, maka sebenarnya dia tidak menuhankan melainkan memberhalakan Yesus. sedangkan memberhalakan jelas2 dilarang oleh Allah. umat Islam memuliakan Yesus dengan tidak memberhalakan Yesus. umat Kristen menghina Yesus dengan memberhalakannya.

    Silahkan bagi kristener yang ingin membantah atau ingin belajar lebih dalam lagi agar terhindar dari kebodohan.

    • rudy no
      November 30, 2011 at 9:52 am | #2

      Yup setuju,
      Allah hanya menciptakan kita dan menyuruh kita untuk beribadah, mentaati segala peraturan dan menjauhi laranganNya yang sebetulnya untuk kebaikannya manusia sendiri.

      Manusia hanya mampu berpikir dimensinya saja, merasa bentuk dan wujudnya lah yang paling mulia sehingga berani menyerupakan/menyetarakan dengan sang pencipta, jangankan memikirkan substansi tuhan mikirin substansi hewan aja ga bisa….Pernahkah manusia memikirkan perasaan seekor ibu sapi ketika anak sapinya dipotong dan disembelih??

      Secara tidak sadar dengan menyerupakan tuhan dengan manusia, jadi ya tuhan juga bisa lupa bisa diajak cingcay, dan aturan2 pun bisa dilanggar diajak kompromi
      mungkin itu juga yang mendasari pemikirannya.

      Akidah didangkalkan dan syariat dihilangkan, demikian tujuan para manusia mengutakatik agama yang diturunkan Allah SWT.

      Wassalam

    • NothingMan
      December 5, 2011 at 6:44 pm | #3

      @maskulin
      Bila ada yang Keukeuh mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan maka itu adalah orang yg tidak memahami pengertian Tuhan. nah bila ada yang menuhankan Yesus, maka sebenarnya dia tidak menuhankan melainkan memberhalakan Yesus. sedangkan memberhalakan jelas2 dilarang oleh Allah. umat Islam memuliakan Yesus dengan tidak memberhalakan Yesus. umat Kristen menghina Yesus dengan memberhalakannya.

      Silahkan bagi kristener yang ingin membantah atau ingin belajar lebih dalam lagi agar terhindar dari kebodohan.
      ————————–
      Definisi Tuhan itu sendiri bagi tiap2 orang pasti akan berbeda2 bro..
      Begitu pula dengan definisi Tuhan menurut masing2 agama jg berbeda. Definisi Tuhan pd uraian/penjelasan diatas kan menurut pendapat /kepercayaan/agama yg anda yakini. Ya pasti akan berbeda dgn definisi Tuhan dr kepercayaan yg org laen..
      Apa hak anda mngatakan pendapat org yg berbeda keyakinan dgn anda sebagai sesuatu kebodohan/kesesatan..? Jelas-jelas mereka berbeda keyakinan/agamanya dgn anda. Harusnya anda mengatakan bodoh kepada org yg memiliki keyakinan/agama yg sama seperti yg anda yakini, tetapi mereka memberikan penjelasan yg berbeda ttg Tuhan selain pendapat anda tersebut.

      • December 5, 2011 at 8:26 pm | #4

        @NothingMan
        …Harusnya anda mengatakan bodoh kepada org yg memiliki keyakinan/agama yg sama seperti yg anda yakini, tetapi mereka memberikan penjelasan yg berbeda ttg Tuhan selain pendapat anda tersebut

        Jawab—> Apakah anda akan mengatakan bodoh, kepada kepada org yg memiliki keyakinan/agama yg sama seperti yg anda yakini ?

        kalau begitu anda sama sekali tidak pernah membaca bibel anda sendiri :

        Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:-22)

      • December 5, 2011 at 9:49 pm | #5

        memang betul definisi Tuhan masing2 individu atau kepercayaan berbeda2 tapi tentunya Tuhan hanya ada satu. karena manusia mempunyai akal dan dengan akal itulah manusia dikatakan berbeda dengan binatang, silahkan anda mendefinisikan Tuhan dengan benar dengan segenap akal yang anda miliki bung

      • maskulinman
        December 5, 2011 at 9:53 pm | #6

        Nothingman said;

        Definisi Tuhan itu sendiri bagi tiap2 orang pasti akan berbeda2 bro..
        Begitu pula dengan definisi Tuhan menurut masing2 agama jg berbeda. Definisi Tuhan pd uraian/penjelasan diatas kan menurut pendapat /kepercayaan/agama yg anda yakini. Ya pasti akan berbeda dgn definisi Tuhan dr kepercayaan yg org laen..
        Apa hak anda mngatakan pendapat org yg berbeda keyakinan dgn anda sebagai sesuatu kebodohan/kesesatan..? Jelas-jelas mereka berbeda keyakinan/agamanya dgn anda. Harusnya anda mengatakan bodoh kepada org yg memiliki keyakinan/agama yg sama seperti yg anda yakini, tetapi mereka memberikan penjelasan yg berbeda ttg Tuhan selain pendapat anda tersebut.
        ==================================
        maaf, apa anda tidak membaca baik2 apa yg saya tulis?? definisi yang saya pakai adalah berdasarkan definisi umum secara ilmu pengetahuan yg kemudian saya cocokkan dengan yg ada dalam setiap agama. ini disebut cara berfikir deduksi (dari yg umum ke khusus). terbukti definisi Tuhan secara umum sangat sesuai dengan yg ada disetiap agama yaitu Tuhan adalah Oknum yg menciptakan alam semesta ini yg tidak diketahui bagaimana bentuk dan rupaNya. Silahkan anda baca Alkitab anda dan buktikan sendiri apakah ada perbedaan tentang definisi Tuhan tersebut?? nah kemudian dengan definisi berhala juga saya ambil dari definisi umum yaitu saya ambil dari kamu merriam webster http://www.merriam-webster.com/dictionary/idolatry
        idolatry : the worship of a physical object as a god
        jadi pemberhalaan adalah penyembahan kepada setiap bentuk fisik yang dianggap sebagai Tuhan.
        nah sekali lagi silahkan anda baca alkitab anda, siapakah yg dimaksud Allah Baal, Allah Baal adalah sosok yang dianggap sebagai titisan Tuhan yg turun kebumi yg kemudian disembah2. alkitab menegaskan bahwa Baal adalah berhala. nah sekarang siapakah Krisna, Zeus, Osiris, Isis, Latta, Uzza?? mereka adalah sosok yang dianggap sebagai Titisan Tuhan, atau Tuhan yg turun kebumi menjadi suatu bentuk fisik yaitu manusia. dan ilmu pengetahuan serta Al-Qur’an menegaskan bahwa mereka adalah berhala.
        lalu bagaimana dengan Yesus?? buat orang2 Kristen, Yesuspun dianggap sebagai titisan Tuhan yg turun kebumi yang kemudian disembah2 layaknya Tuhan. ini artinya Yesus sudah diberhalakan dan menjadi berhala bagi orang2 Kristen.
        nah ketika orang Kristen mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan, maka bisa dibilang itu adalah kebodohan, seperti bodohnya orang yg mengatakan bahwa keledai adalah kuda. seseorang bisa saja mengatakan bahwa keledai adalah kuda karena dia tidak pernah memahami apa itu keledai dan apa itu kuda, sehingga dia tidak bisa membedakan bentuk fisik kuda dan keledai yg memang sekilas sama tapi sebenarnya berbeda. bisa dibilang ini adalah bentuk kebodohan yg tidak disadarinya. nah apalagi orang2 Kristen yg mengaku mengamalkan ajaran alkitab. jelas2 Alkitab membedakan apa itu Tuhan dan apa itu berhala, dan Alkitab melarang penyembahan kepada berhala, tapi orang2 kristen yg entah sadar atau secara tidak sadar mereka justru melakukan apa yg dilarang oleh alkitab dengan memberhalakan Yesus.
        Jadi bukan saya yg mengatakan bahwa orang2 Kristen adalah bodoh karena tidak bisa membedakan mana Tuhan mana berhala, tapi ilmu pengetahuanlah yg membuktikan kebodohan tersebut. silahkan anda bantah bila definisi yg saya berikan adalah salah tentang definisi Tuhan dan definisi berhala disertai dengan rujukan yg anda pakai. dan akan sangat netral bila rujukan yg anda pakai adalah berdasarkan definisi umum.
        Silahkan pak……

      • December 6, 2011 at 6:43 pm | #7

        Kalau kamu bilang Tuhan itu Monster Spaghetti yang terbang juga gapapa kok……yang penting kami sudah mengemukakan pendapat/jawaban kami, silahkan anda menyanggah, daripada OOT nasihatin orang….

      • nothingman
        December 7, 2011 at 4:10 pm | #8

        @maskulin

        Klo, anda menggunakan ilmu pengetahuan (secara ilmiah) utk menjelaskan apa yg ada di Kitab Suci (Alquran & Alkitab) ya sudah pasti akan terdapat pertentangan antara ilmu pengetahuan dgn yg ada di kitab suci itu.
        Bila menggunakan ilmu pengetahuan malah apa yg terjadi/ terdapat dlm kitab suci itu banyak tdk benar/salahnya.
        Jd apa yg terdpt dlm kitab suci tdk akan/sulit dibuktikan secara ilmiah dgn ilmu pengetahuan, krn kemampuan/ ilmu pengetahuan manusia itu sangat terbatas.

        Dan apa yg tertulis/terdapat dlm kitab suci, kita nda perlu dibuktikan scr ilmiah, tp kita hanya dapat/perlu mempercayai/ menyakininya saja. Krn dasarnya kita utk mengimaninya hanyalah kepercayaan dan keyakinan kita sendiri.
        Kita tdk bs membuktikan apakah kepercayaan/keyakinan yg kita pilih itu benar selain dengan mempercayai/ meyakini apa yg menjadi pilihan kita itu adl benar.

        Saya gambran seperti contoh diatas:
        Jika memang saya percaya/yakin bahwa yg saya lihat itu adlh gambar keledai maka saya akan percaya/yakin dgn apa yg saya lihat. Jd saya tdk perlu membuktikannya cukup percaya/yakin aja dgn penglihatan mata saya, dan klo ada org laen yg bilang itu kuda, saya akan biarkan saja karena saya lebih mempercayai mata saya sendiri dr pd mata org laen..

        Begitu pula dengan pandangan ttg Tuhan atau ttg berhala, masing2 org memiliki pandangan yg berbeda2, dan masing2 org tidak berhak menilai itu benar/salah selain kepada dirinya sendiri..

      • nothingman
        December 7, 2011 at 4:19 pm | #9

        @stain Remover

        Walaaah… nda usah pake ayat2an segala…
        ntar susah ngartiinnya, apa lage yg nda percaya sm kebenaran dr mana asal ayat itu diambil(Alkitab).. :-)

        peace man :-)

      • December 7, 2011 at 4:21 pm | #10

        kenapa tidak kita buktikan sekarang bung Nothing, kita uji kitab mana yang tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan, bagaimana???

      • December 7, 2011 at 4:26 pm | #11

        apa lage yg nda percaya sm kebenaran dr mana asal ayat itu diambil(Alkitab)..
        =========>>>
        maaf bung nothing, memang asal kitab anda diambil dari mana? Tuhan kah? kalau dari Tuhan mustahil Tuhan akan salah sehingga bertentangan dengan Ilmu pengetahuan. jadi mari kita uji masing2 kitab dengan Ilmu pengetahuan, bagaimana??

      • Gue Yesus
        December 7, 2011 at 4:42 pm | #12

        Klo tidak pakai ayat dalam kitab suci untuk menjelaskan ilmu pengetahuan lalu bagaimana kita bisa membuktikan bahwa kitab saya benar sesuai ilmu pengetahuan atau malah kitab anda yg tidak sesuai ilmu pengetahuan? Contohnya saja dalam alkitab bilang kalo bumi kita ini ceper (silahkan anda baca alkitab) sementara ilmu pengetahuan mengatakan bahwa bumi itu bulat. Dan kamu tau teori big bang? dentuman yang sangat besar menyebabkan pembentukan alam semesta sesuai dengan ayat dalam alquran yang menyatakan bahwa dulu langit dan bumi itu adalah satu padu lalu Allah memisahkan keduanya dimana Allah berfirman:

        أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

        Artinya : “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS Al-Anbiya’ : 30)

        itu baru salah satu contoh aja

      • maskulinman
        December 7, 2011 at 8:26 pm | #13

        @nothingman;
        itulah yg memang ditanamkan dalam ajaran2 dan doktrin2 agama anda dimana ajaran dan doktrin itu tidak boleh dikritisi, tidak boleh dibantah dan hanya boleh diimani saja. jelas itu adalah pembodohan. dalam ajaran agama anda, setiap orang mengaku mendapat bimbingan “roh Kudus” sehingga hasil2 pemikiran mereka seolah2 adalah hasil bimbingan Tuhan yg tidak boleh dibantah dan dikritisi. tidak peduli ajaran tersebut ternyata bertentangan dengan akal pikiran dan ilmu pengetahuan.
        Tuhan memberikan akal pikiran kepada manusia pada hakekatnya adalah agar manusia senantiasa berfikir tentang kebesaranNya, dan Tuhan menurunkan ilmu pengetahuan untuk membimbing manusia untuk menuju kepada kebenaran tentang diriNya. jadi sangat aneh bila ada doktrin yg ternyata bertentangan dngan akal dan ilmu pengetahuan. dan sungguh sangat bodoh orang2 yg mau saja mengimani sesuatu yg ternyata bertentangan dengan akal dan ilmu pengetahuan. Anda dilebihkan Tuhan dng akal pikiran, jadi bila ada ajaran dan doktrin yg menyuruh anda membuang akal dan pikiran anda maka sama saja ajaran dan doktrin tersebut menyuruh anda untuk menjadi binatang. jadi silahkan anda renungkan….

      • December 7, 2011 at 8:54 pm | #14

        @nothingman
        Walaaah… nda usah pake ayat2an segala…
        ntar susah ngartiinnya, apa lage yg nda percaya sm kebenaran dr mana asal ayat itu diambil(Alkitab)..

        ——–>

        Ayat itu bukan buat saya, tapi buat kamu…ngerti ora son ??

        Karena kamu-kan sebelumnya menyarankan kepada orang lain untuk berkata :

        “…Harusnya anda mengatakan bodoh kepada org yg memiliki keyakinan/agama yg sama seperti yg anda yakini,…”

        Makanya saya beri ayat bibel agar kamu baca dan ngerti :

        Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: kamu bodoh! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. (Matius 5:-22)

  2. Yans
    November 30, 2011 at 5:07 am | #15

    Betul maskulinn, manusia telah dikaruniai akal mestinya dipakai untuk merenung dan berpikir. Kenapa orang yg mengklaim dirinya pengikut Yesus ..nggak nyadar bhw sebetulnya pengikut Paulus.

  3. wedus
    November 30, 2011 at 8:23 am | #16

    Kalau ada yg mengatakan Yesus itu Tuhan..! orang tersebut tidak bisa membedakan antara kambing dengan onta…….!

    • Wedus Gembel
      December 12, 2011 at 11:53 am | #17

      HA…HA..HA..HA.. BETUL SEKALI ENTE..!!!

  4. November 30, 2011 at 11:03 am | #18

    Dengan akal dan fikiran, manusia disuruh oleh Allah untuk membaca dan mengetahui kebesaran ciptaan Allah agar manusia tidaklah lupa kepada penciptaNya.. Oleh sebab itu Allah mengutus para Nabi dan para Rasul dari golongan manusia sendiri agar mereka mudah percaya dan beribadah hanya kepada Allah saja, manusia dilarang oleh Allah menyembah makhluk lainnya yang diciptakan oleh Allah Swt, seperti Jin, manusia, matahari, Bintang, bulan dan benda lainnya. hanya kepada Allah saja manusia beribadah sujud menyembah, janganlah manusia menyekutukan Tuhan dengan ciptaanNya. sedangkan tuhan yang manusia sembah selain Allah tersebut tidak bisa berbuat apa-apa, hanya tipu muslihat setan belaka, yang berusaha agar manusia terjerumus dalam kesesatan menyekutukan Tuhan.

  5. Dante
    December 1, 2011 at 2:35 pm | #19

    Nggak ada gunanya mengajarkan logika pada manusia yang mempercayai:
    anggur = darah
    roti = daging
    3 = 1
    anak = bapak
    bapak = roh
    roh = anak
    Emanuel = Yesus
    Dan yang paling parah….
    manusia = Tuhan

    • December 4, 2011 at 10:50 am | #20

      dan yang terparah
      bapak bisa beranak

    • December 6, 2011 at 10:11 pm | #21

      Mending 3=1

      Tuhan punya banyak anak aja (kitab kejadian, anak2 Allah mengawini anak2 perempuan, nabi lainnya yang disebut anak allah) masih dibilang anak tunggal, abraham punya anak 8 orang aja masih ada juga yang disebut ishak anak tunggal….

  6. Reppy
    December 1, 2011 at 6:35 pm | #22

    waduh hebat amor jd tambah lg nih pengetahuan gw, trims ya SHARING KNOWLEDGENYA …Ass Wr Wb

  7. bapake yoga
    December 7, 2011 at 8:47 am | #23

    La ilaha illallah, tiada tuhan yang patut/layak/pantas disembah, kecuali ALLAH.
    Jadi kalau ada orang yang menganggap sesuatu (kayu, batu, gunung, pohon, patung, orang/tokoh hebat, matahari, api atau benda/makhluk apapun) sebagai sesembahan atau tuhannya, yah sebatas itulah kemampuan nalar, logika, daya pikir, dan olah rasa yang dia miliki. Mereka semua tidaklah pantas/layak/patut dijadikan tuhan, karena masih memiliki segudang kelemahan. Kekuasaan dan keberadaannya tidaklah mutlak atau absolute. Sekarang kuasa, tapi besok tidak. Sekarang bisa ini-itu tetapi nanti tidak bisa lagi. Kasihan sekali mereka, untuk urusan yang SATU ini, mengapa tidak mengambil yang paling top markotop, gak ada atasnya lagi. Siapa itu, ya Tuhan Yang Sebenarnya, Yang Patut disembah, pencipta Alam semesta ini, dengan segala sifat ke-MAHA -anNYA.

    Presiden aja kalau memiliki “ide” yang bagus cukup membuat KEPPRES , tak perlu turun sendiri ke jalanan untuk mewujudkan “ide”nya itu. Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dan Tuhannya para presiden, tak perlu harus turun ke dunia memperlihatkan wujudNYA kepada manusia. Cukup lewat “penampakan” makhluk ciptaanNYA (ayat kauniyah), atau lewat “SK” berupa wahyu yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul (ayat Qauliyah).

    Boro-boro mau lihat Tuhan, lihat makhluk ciptaanNYA saja gak mampu. Coba, pandangi tuh matahari di tengah hari bolong, semenit aja, pasti gak mampu. Itulah kemurahan Tuhan. Tuhan gak maksa manusia untuk lihat DIRINYA, tetapi difasilitasi.

    Firman Allah dalam QS Adz-Dzariyat ayat 20-21:
    “Dan di bumi terdapat ayat-ayat (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”
    Wallahu a’lam

  8. Yogi
    December 9, 2011 at 12:40 pm | #24

    Benar maskuliman, saya setuju dengan judul dan kesimpulan anda….jangan ada yang menganggap batu hitam menjadi allah!

    Labbaik alaahumma labbaik Labbaika laa Syarikalaka labaik Innal hamda wan nimata laka walmulk Laa Syaariika laka 3 x.

    Artinya:

    Aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu, tiada sekutu bagiMu. Aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat serta kerajaan hanya untukMu, tiada sekutu bagiMu.

    Dengan demikian pada waktu pelaksana upacara ibadah haji memasuki Masjidil Haram maka ia harus langsung menuju ke sudut Ka’bah di mana batu hitam Hajar Aswad ditempatkan sambil membaca doa talbiyah tersebut di atas.

    Kemudian setelah sampai di muka batu hitam Hajar Aswad lalu membungkuk dan menyembah sambil mencium batu hitam tersebut. Setelah mencium batu tersebut barulah ia dapat melakukan thawaf qudum (thawaf selamat datang) berjalan keliling Ka’bah sebanyak 7 kali.

    • faham
      December 9, 2011 at 1:59 pm | #25

      wah hebat Yog, itu batu hitam bisa ngomong ya?? salut atas halusinasi Yogi…
      jadi kalau berpikir ala yogi maka kalau kita bandingin antara karya Roh Kudus dan Batu Hitam, maka karya Roh Kudus tidak ada apa-apanya…

      Yog, kenapa anda tidak berpikir untuk pindah nyembah Batu Hitam saja, daripada nyembah Roh Kudus atau orang mati yang disalib tak berdaya?? kan lebih hebat Batu Hitam toh?

      • Yogi
        December 16, 2011 at 10:18 am | #26

        hehehehehe,,,,batu itam di Palu kan ancur, di kolorin pun tetap batu, di ciumpun tetap ngga ada nafsu…hehehehehe

      • December 16, 2011 at 10:42 am | #27

        betul sih prop, beda dengan patung yesus, kalau dicium di bagian tertentu bisa menimbulkan nafsu yang luar biasa dahsyat. contohnya para pandito yang ***** setelah menciumi bagian tertentu dari patung yesus

      • Yogi
        December 16, 2011 at 10:49 am | #28

        Itu tergantung oraganisasinya yang buat…tidak ada dalam Alkitab saya yang mengharuskan saya membuat patung lalu cimin itu patung hehehehe , itu dosa…la..yau…!

      • December 16, 2011 at 11:41 am | #29

        tentunya karena tidak ada larangan makanya ada organisasi yang melakukannya dalam agama propesor, bukankah begitu prop?

    • maskulinman
      December 9, 2011 at 7:50 pm | #30

      betul sekalo bung Yogi, emang ngga ada umat Islam yg menganggap batu hitam jadi Allah. karena kalo ada yg melakukan itu, dijamin dia bukan umat Islam dan penyembah berhala. begitu juga yg menyembah Yesus, dijamin dia adalah penyembah berhala :D kesimpulan yg bagus.

      • Yogi
        December 16, 2011 at 10:26 am | #31

        yah…muslim tidak mau ngaku bahwa BATU HITAM itu mereka berhalakan tapi prakteknya???????

        Labbaik alaahumma labbaik Labbaika laa Syarikalaka labaik Innal hamda wan nimata laka walmulk Laa Syaariika laka 3 x.

        Dengan demikian pada waktu pelaksana upacara ibadah haji memasuki Masjidil Haram maka ia harus langsung menuju ke sudut Ka’bah di mana batu hitam Hajar Aswad ditempatkan sambil membaca doa talbiyah tersebut di atas.

        Kemudian setelah sampai di muka batu hitam Hajar Aswad lalu membungkuk dan menyembah sambil mencium batu hitam tersebut. Setelah mencium batu tersebut barulah ia dapat melakukan thawaf qudum (thawaf selamat datang) berjalan keliling Ka’bah sebanyak 7 kali.
        _____________________
        Bisakah anda hapus praktek-prakter tersebut saat orang2 muslim pergi haji???

        ngapainke MEkah hanya untuk mencium batu ???? bukankah di indonesia batu juga banyak?????

        jadi BATU HITAM yang di tempatkan di sudut ka’bah dijadikan tuhan.

      • December 16, 2011 at 10:45 am | #32

        hehehehe cium hajar aswad juga tidak keharusan prop, kan sudah dijelasken toh dalilnya diatas, sudah kehabisan peluru yah??

      • Yogi
        December 16, 2011 at 10:47 am | #33

        Itukan katamu Jeck……jika itu jawabmu artinya syriat agamamu si boleh-boleh….heheheheehe

      • December 16, 2011 at 11:42 am | #34

        lantas apakah propesor juga tahu isi hati orang yang melakukan haji??

  9. pratama74
    December 12, 2011 at 11:22 am | #35

    damailah kita.kita umat islam hanya berkewajiban menyampaikan kebenaran lha kalau ga mau ya ga apa2. ga usah menghina kepercayaan orang lain.kan kita ga akan ditanya diakhirat sembahan orang lain hanya kita mmng wajib menyamppaikan bw Tuhan itu esa ga punya anak dan dianakkan..yg lain? damai ajaaaaaa

  10. December 15, 2011 at 11:35 am | #36

    hahahahaha……namanya kepercayaan kristen, kepercayaan hasil ciptaan para pendeta/pastur….makanya sekarang di Indonesia, ada perubahan pada bible menggantikan yang lama dengan menggantikan angka-angka yang keliru dijadikan sama….. berbeda dengan kitab bible bahasa inggerisnya, jadi bible itu hasil terjemahan yang mana?…. ada-ada saja LAI itu, itu aja udah bukti ajaran asal pendeta/pastur mau…… bahkan bangga dengan si sinter klaus yang punya kereta terbang……. aneh…percaya dengan logika kartun…. wajar aja kalau tahun 325M mengangkat orang yang disalib menjadi tuhan…..dan yang memalukan, pengikutnya di Indonesia adalah yang leluhurnya di perkosa, dibunuh, dihabisi sang penyebar agama Kristen itu sendiri, malah sekarang semangat memperjuangkannya…… apa kata leluhurnya nanti, yang membela negara ini dan tidak mau mengakui yesus itu tuhan……….

  11. Yogi
    December 16, 2011 at 8:06 pm | #37

    berla….!

    Kapan Pastur/pendeta menciptakan kepercayaan???

    bertamabah muslim yang asbun dan Tolol alias BOTOL = Bodoh dan Tolol..heheheheheh..!

    • December 16, 2011 at 9:32 pm | #38

      bukannya nyanggah malah caci maki…..kirain kamu udah sembu yog..>XD

    • maskulinman
      December 17, 2011 at 2:04 am | #39

      wah ngga tahu ya?? kepercayaan bahwa Yesus adalah Allah kan hasil ciptaan petinggi2 gereja anda. lah wong Yesus sendiri ngga pernah mengatakan dirinya adalah Allah, Yesus juga ngga pernah menyuruh manusia untuk menyembahnya seperti menyembah Allah.

      • Yogi
        December 17, 2011 at 3:00 pm | #40

        Johanes13:13-14 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
        Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu;

        Wahyu 1:17-18 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
        dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

        cukup buktikannyakan ???

        Tapi Maskuliman ini yang paling bener “ADA ORANG YANG MEMBUAT BATU HITAM JADI ALLAH”

        kalau keledai dan kuda, itu masih mirip…! cuma orang pintar yang dapat membendakkannya.

        Tapi kalau ada orang yang yang mencium batu karena dia menyangka atau ada orangyang mengatakan bahwa BATU HITAM ITULAH ALLAH, orang yang melakukan itulah yang paling goblok.

      • December 17, 2011 at 4:01 pm | #41

        Suatu ketika Yesus membenarkan dirinya dipanggil murid-muridnya dengan sebutan guru dan tuan, bahkan ditegaskan lagi oleh Yesus memang akulah guru dan tuan :

        “Kamu menyebut aku guru dan tuan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan tuan.”

        Yesus disebut sebagai guru karena mengajarkan kebaikan-kebaikan, kebenaran-kebenaran dan petunjuk hidup kepada murid-muridnya dan Yesus disebut tuan karena nasehat dan pengajarannya selalu ditaati murid-muridnya, maka pantaslah Yesus disebut guru dan tuan.

        Kata tuan dalam ayat di atas adalah terjemahan dari kata mar dalam bahasa Ibrani/Aramaic yaitu bahasa sehari-hari Yesus, kata mar biasa diberikan kepada orang yang dihormati dan di taati. Namun ternyata dalam penterjemahan ayat tersebut ke dalam bahasa yang bukan bahasanya Yesus kata tuan dalam ayat di atas telah berubah menjadi Tuhan, yang jauh menyimpang dari ucapan Yesus, sehingga lafal ucapan Yesus tersebut menjadi :

        “Kamu menyebut aku guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan Tuhan.” Yohanes 13:13

        Tentu saja perubahan ini di manfaatkan oleh umat Kristen sebagai dalil bahwa Yesus pernah mengatakan dirinya sebagai Tuhan.

        Sesungguhnya perubahan kata dari tuan menjadi Tuhan justru akan semakin menimbulkan kontradiksi di dalam Injil itu sendiri, bahkan akan sangat bertentangan dengan ucapan- ucapan Yesus di dalam puluhan ayat-ayat yang lain, satu saja contoh ucapan Yesus yang bertentangan dengan Yohanes 13:13 bila kata tuan dirubah menjadi Tuhan :

        “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus.” Yohanes 17:3

        Dalam Yohanes 17:3 tersebut Yesus mengatakan bahwa Tuhan satu-satunya hanyalah Allah dan dipertegas lagi bahwa Yesus hanyalah seorang utusan Allah, kalau kata mar diterjemahkan menjadi Tuhan maka Yohanes 13:13 akan sangat kontradiktif dengan Yohanes 17:3, tetapi kalau kata mar diterjemahkan sebagai tuan maka antara Yohanes 13:13 dan Yohanes 17:3 akan saling mendukung dan menguatkan.

        Umat Kristen nampaknya sangat memaksakan untuk mengubah ucapan Yesus yang berarti tuan menjadi Tuhan, agar ada dalil yang mengokohkan ketuhanan Yesus, hal ini karena tidak ada satu ayat-pun yang mendukung ketuhanan Yesus yang berupa pengakuan Yesus secara langsung bahwa dirinya adalah Tuhan, dan satu-satunya ayat yang mudah untuk diubah artinya adalah Yohanes 13:13, namun dengan mengorbankan keabsahan dan keserasian Alkitab itu sendiri.

        Perubahan kata tuan menjadi Tuhan terjadi ketika kata MAR dalam bahasa Ibrani yang berarti tuan, diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi KURIOS, kata kurios dalam bahasa Yunani memiliki empat arti yaitu :

        – Pemilik — tuan — tuhan – Tuhan –

        Rupanya para penginjil mengartikan kurios sebagai Tuhan dalam ayat tersebut, padahal semestinya arti yg sesuai dengan ucapan Yesus dan tdk bertentangan dengan ayat-ayat yg lain adalah tuan.

        Dari uraian di atas baik ditinjau dari segi tata-bahasa Ibrani ke Yunani dan ditinjau dari keserasian dengan ucapan-ucapan Yesus yang lain, maka pengakuan Yesus yang sesungguhnya adalah :

        AKULAH GURU DAN TUAN
        Bukan
        AKULAH GURU DAN TUHAN

        Sehingga tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab Yesus pernah mengatakan akulah Tuhan, tetapi akan banyak ditemukan ayat-ayat pengakuan Yesus bahwa dirinya hanyalah utusan Allah dan bahwa hanyalah Allah satu-satunya Tuhan yang benar dan Esa. (al-islahonline)

      • maskulinman
        December 18, 2011 at 9:13 am | #42

        @yogi;
        sudah dijawab tuh sama bung jack, silahkan pelajari lagi apa ada dalil dari Yesus sendiri yg menyatakan bahwa dirinya adalah Allah dan Yesus menyuruh manusia untuk menyembahnya seperti yg dilakukan Allah dalam kel:20???
        ayoo ajak sekalian pendeta sampeyan buat mencari dalilnya. ampe sampeyan mati juga ngga bakal ketemu :D

      • stev
        December 18, 2011 at 9:37 am | #43

        @ Yogi
        coba tanya ama mereka.

        Kalau Alkitab sudah dirubah, kenapa Allah masih menyuruh Muhammad bertanya kepada orang-orang yang membaca Alkitab Qs. 29:46? Logikanya mestinya Allah harus melarang Muhammad jangan bertanya kepada mereka supaya tidak disesatkan, karena kitabnya sudah dirubah.

        Pada saat Muhammad kembali ragu-ragu menerima Al Qur’an, Allah juga menggunakan standar dasar Alkitab itu sebagai petunjuk bagi bani Israel (Qs. 32:23). Dengan kata lain Alkitab masih tetap diakui standar kebenarannya.

        Kalau memang benar Alkitab itu sudah dirubah, mengapa Muhammad tetap disuruh beriman kepada Alkitab Qs. 3:84, Qs. 29:46?

        Mengapa Allah masih menyatakan bahwa di dalam Taurat dan Injil ada petunjuk, ada cahaya dan ada pengajaran bagi orang yang bertaqwa Qs. Al Maaidah 5:46? Mestinya kan Allah harus berkata bahwa Taurat dan Injil itu sudah tidak ada petunjuk, cahaya dan pengajaran karena sudah dirubah.

        dan satu pertanyaan lagi yang mereka belum jawab

        Siapa nama allahmu ? nama allah umat islam itu apa ?

      • December 18, 2011 at 1:05 pm | #44

        Kalau Alkitab sudah dirubah, kenapa Allah masih menyuruh Muhammad bertanya kepada orang-orang yang membaca Alkitab Qs. 29:46? Logikanya mestinya Allah harus melarang Muhammad jangan bertanya kepada mereka supaya tidak disesatkan, karena kitabnya sudah dirubah.
        ============>>>>
        wekekekeke salah ayat kali jeng

        29:46. Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang lalim di antara mereka, dan katakanlah: “Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri”.

        29:47. Dan demikian (pulalah) Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an), maka orang-orang yang telah Kami berikan kepada mereka Al Kitab (Taurat) mereka beriman kepadanya (Al Qur’an); dan di antara mereka (orang-orang kafir Mekah) ada yang beriman kepadanya. Dan tidak adalah yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang kafir.

        jangan2 asal nemu kata Al Kitab dalam Al Quran yang terbayang langsung primbon jeng stev yah??? mangkanya kalau diskusi jangan kayak kutu loncat, di thread sebelah kan udah gua kasih tahu
        _________________________________________________
        Pada saat Muhammad kembali ragu-ragu menerima Al Qur’an, Allah juga menggunakan standar dasar Alkitab itu sebagai petunjuk bagi bani Israel (Qs. 32:23). Dengan kata lain Alkitab masih tetap diakui standar kebenarannya.
        Kalau memang benar Alkitab itu sudah dirubah, mengapa Muhammad tetap disuruh beriman kepada Alkitab Qs. 3:84, Qs. 29:46?
        ===========>>>>
        hehehe itu sih bualan lama jeng stev, monggo dibaca

        S U R A T A L – B A Q A R A H

        2:136. Katakanlah (hai orang-orang mukmin): “Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”.

        kira2 dalam primbon jeng stev ada nggak perintah seperti diatas, kalau tidak ada ape salah jika Al Quran mengatakan bahwa AlKitab sudah dirubah
        ______________________________________________
        Mengapa Allah masih menyatakan bahwa di dalam Taurat dan Injil ada petunjuk, ada cahaya dan ada pengajaran bagi orang yang bertaqwa Qs. Al Maaidah 5:46? Mestinya kan Allah harus berkata bahwa Taurat dan Injil itu sudah tidak ada petunjuk, cahaya dan pengajaran karena sudah dirubah.
        ===========>>>>
        yang sekarang sih iya, monggo dibaca taurat ape ada yang menyataken bahwa yesus itu Tuhan??
        kalau ada tentunya Musa bakalan nyemplung ke Neraka karena tidak nyembah yesus. n sekalian dibacah n chermathi

        5:46. Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israel) dengan Isa putra Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.

        5:48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,
        ______________________________________________
        dan satu pertanyaan lagi yang mereka belum jawab
        Siapa nama allahmu ? nama allah umat islam itu apa ?
        ========>>>>
        wekekekekeke udah 2 kali gue jawab jeng stev di thread sebelah, jangan kayak kutu loncat ah

      • Yogi
        December 20, 2011 at 11:44 am | #45

        Jeck & Maskuliman

        Anda bermain di kata-katakan?

        Tetapi anda harus tahu ESENSI dari perkataan Yesus, ya …jika kamu katakan Akulah Guru dan Tuan, ya AKULAH GURU DAN TUAN!

        GURU —-> TELADAN—-> yang harus di ikuti.
        TUAN —–> PEMILIK ——> yang berkuas atas semua kehidupan hamba-hambanya.

        Jadi jika dia berkuasa atas semua hamba-hambanya maka bukankah di Tuhan bagi hambanya?

      • December 20, 2011 at 12:03 pm | #46

        “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus.” Yohanes 17:3

        silahkan dibaca baik2 prop

  12. Gus Dur
    December 17, 2011 at 2:43 pm | #47

    Tuhan tidak punya Agama & tidak aka terikat oleh Agama….
    karena Tuhan seperti Orang tua kita sendiri… bukan Dzat yg jauh dari kita…

    • December 17, 2011 at 2:59 pm | #48

      tapi Tuhan yang menciptakan agama dan tentunya dzat Tuhan beda dengan manusia. kalau sama bisa kutilan dong Tuhan

      • December 17, 2011 at 7:53 pm | #49

        Yup Tuhan yang menciptakan agama sebagai aturan yang mengikat manusia untuk kebaikan manusia itu sendiri.
        Tuhan memang tidak butuh disembah manusia, tapi manusia yang butuh menyembah Tuhan…
        Gus dur2….gitu aja kok repot..

  13. Yogi
    December 20, 2011 at 11:46 am | #50

    Stev!

    Thank buat sapotnya.

  14. Yogi
    December 20, 2011 at 11:51 am | #51

    Tuhan tidak pernah menciptakan agama, buat manusia tetapi Tuhan membuat aturan.

    maka agama mebuat “BATU HITAM MENJADI ALLAH”

    Labbaik alaahumma labbaik Labbaika laa Syarikalaka labaik Innal hamda wan nimata laka walmulk Laa Syaariika laka 3 x.

    YANG TIAP TAHUN DI RAYAIN di datangi oleh seluruh umatnya dari penjuru dunia dan melambaikan tangan kepdanya atau yang dekat menciuminya.

    NAH….YANG GAYAK GINI YANG DISEBUT “OON!”

    • December 20, 2011 at 12:06 pm | #52

      Tapi kumpulan aturan yang diciptakan Tuhan untuk manusia tentunya mempunyai nama, betul atau tidak prop??

      tapi kalau propesor berpendapat seperti itu tidak ada salahnya karena tuhan propesor sendiri tidak memberikan nama ajaran/aturan yang dibawanya, betul atau tidak prop??

    • maskulinman
      December 20, 2011 at 9:09 pm | #53

      @yogi;
      hehehe..sampeyan kok ngotot amat bilang kalo umat Islam menjadikan hajar aswad menjadi Allah?? kalo yg seperti itu namanya asumsi, bukan fakta. kalo mau fakta silahkan sampeyan tanya sama umat Islam, apakah mereka menuhankan hajar aswad?? pasti jawabannya “tidak”
      nah kalo kristen menyembah Yesus itu adalah fakta, ngga ada orang kristen yg membantahnya. nah menurut ilmu pengetahuan, menyembah segala bentuk fisik (manusia/bulan/matahari/dll) yg dianggap Tuhan itu disebut pemberhalaan. nah orang2 kristen jelas melakukan pemberhalaan. itu fakta yg ngga bisa dibantah.
      semakin sampeyan menunjukkan ketuhanan Yesus, maka semakin jelas kalo sampeyan itu pelaku pemberhalaan. orang Islam yg ada disini bukan pelaku pemberhalaan, makanya netter muslim yg ada disini berusaha menjelaskan sama sampeyan kalo Yesus ngga pernah minta dipertuhankan. tapi sampeyan kayaknya lebih seneng jadi pelaku pemberhalaan ya??? :D

      • Yogi
        December 23, 2011 at 11:25 am | #54

        Ini juga fakta! sudah nyata di kerjakan tetapi selalu mengatakan tidak! Udah jelas itu batu di cium atau melamabaikan tangan kepada itu batu(karena mungkin hanya bisa melambaikan sebab manusia berdesak-desakan untuk melakukannya) apakah anda tidak bertanya dalam hati mengapa setiap orang yang naik haji harus melakukan hal yang demikian ke HAJAR ASWAD?
        kalau anda mengatakan islam tidak melakukan itu, artinya kalimat yang setiap kali islam datang ke hajar aswad itu tidak benar (Labbaik alaahumma labbaik Labbaika laa Syarikalaka labaik Innal hamda wan nimata laka walmulk Laa Syaariika laka 3 x.)
        Tetapi itupun hak anda untuk menyatkan bahwa batu hitam bukan perwujudan allah islam, tapi anda tidak dapat menghapus apa yang dilakukan muhammad saat dia berhaji, dan kalimat yang dilafalkannya tidak bisa di hafus dari jutaan muslim yang mengellingi hajar aswad.

      • December 23, 2011 at 1:22 pm | #55

        hehehehe jangan2 kalau propesor ngeliat orang shalat dimasjid dikiranya malah lagi nyembah tembok pulah lagi

  15. Yogi
    December 20, 2011 at 2:25 pm | #56

    Jeck
    Tuhan tidak pernah membuat manusia beragama tetapi Tuhan menginginkan Manusia mengenal dan menyembah Dialah Tuhan satu-satunya.

    “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus.” Yohanes 17:3

    Benar sekali ucapan Yesus itu..! Bacalah ayat-ayat selanjunya agar anda Tahu siapa Yesus, dan berhentilah di ayat 11 dan baca berungkalai…!

    • Gue Yesus
      December 20, 2011 at 2:46 pm | #57

      “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus.” Yohanes 17:3

      Berarti yesus kristus itu bener-bener utusan Tuhan, tapi kenapa yogi ‘n the gank menuhankan yesus….ayo yogi…Yohanes dah bilang tuh Yesus Kristus adalah utusan Tuhan

      • Yogi
        December 22, 2011 at 10:23 am | #58

        Baca lagi boss jangan komentar aja, jangan jadi keledai liar lagi.
        Itu iman saya, karena itu kebenaran.

        Baca ulanglah..!

      • December 22, 2011 at 10:38 am | #59

        apakah utusan = yang mengutus prop??

        kalau temen propesor sih jawabnya iya

      • Gue Yesus
        December 22, 2011 at 10:45 am | #60

        Apa yohanes 17:3 itu tidak jelas? Neh gw copas “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus.” Yohanes 17:3.
        Jelas sangat jelas disebut YESUS KRISTUS ADALAH UTUSAN TUHAN, mau dipahami seperti apalagi ayat diatas anak TK aja ngerti koq inti ayat diatas, mosok sih profesor yogi (kata Bung Jack) gak bisa memahami inti ayat diatas?
        Gitu deh si gigi ini klo dah kepentok pasti hewan kesukaan yesus disebut-sebut…okelah gpp pembaca juga pasti akan menilai siapa sebenarnya yg pake OTAK KELEDAI LIAR

      • Yogi
        December 22, 2011 at 10:54 am | #61

        Loe YSS
        Apa anda sudah mengenal Tuhan yang di perkenalkan Yesus yang muhammad juga mengakui bahwa itu adalah nabi bagi muslim???
        Kalau Yesus yang diutus Tuhan, lalu muhammad siap yang ngutus???

        Makanya ganti otaknya bos!

        Atau anda bisa jawab; Apakah Tuhan yang di sembah oleh Abraham sama dengan Tuhan yang disembah oleh muhammad?

      • Gue Yesus
        December 22, 2011 at 11:13 am | #62

        Halah loe ini berbelit-belit banget sih demen banget muter-muter, namanya juga orang bodoh yg tolong dong dijelasin apa sih inti ayat yohanes 17:3 itu? INTI AYATNYA. Kalo Nabi Muhammad ya jelas diutus oleh Allah yg pasti bukan yesus gitu aja koq repot.

      • December 22, 2011 at 11:17 am | #63

        gue harap propesor nggak lagi keceplosan

        “Kalau Yesus yang diutus Tuhan”

        katanya yesus itu tuhan, lantas siapa lagi tuhan dalam tulisan propesor diatas

    • Dante
      December 20, 2011 at 3:09 pm | #64

      “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, SATU-SATUNYA Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus.” Yohanes 17:3

      Jadi kenapa para Krestener malah menjadikan SATU-SATUNYA itu jadi TIGA.
      Yang salah siapa Yog? Yohanes ato para Krestener sedunia?

      • Yogi
        December 22, 2011 at 10:25 am | #65

        baca ulaglah..!

        kalau anda tidak mengerti apa maksud ayat itu bisa saya jelaskan.

      • Gue Yesus
        December 22, 2011 at 10:46 am | #66

        hahahahaha gigi gigi…susah amat sih memahami kata si yohanes di 17:3…Jangan marah dong itukan suatu kebenaran jangan mengingkari ah

      • Yogi
        December 22, 2011 at 10:48 am | #67

        Masih bodoh juga???

      • December 22, 2011 at 11:15 am | #68

        silahkan dijelaskan prop

      • Gue Yesus
        December 22, 2011 at 11:21 am | #69

        Kamikan orang bodoh, yogi yg pinter tolong dijelaskan dong

      • Dante
        December 29, 2011 at 5:38 pm | #70

        Yogi:
        Jadi mana penjelasanmu? Jangan cuma bisa ngebacot kayak pastur2 vatican yang bisanya cuma ngebacot di depan kambing2 tuk ngejauhin dosa tapi Sang Pastur sendiri malah sodomi dan investasi di media bokep.
        Atau kalian semua memang sama aja? Cuma bisa ngebacot?

    • December 20, 2011 at 3:25 pm | #71

      dan baca juga ayat kelanjutannya lagi prop

      “Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:” Yohanes 17:22

      • Yogi
        December 22, 2011 at 10:25 am | #72

        Apa yang kamu inginkan di sana Jeck?

      • December 22, 2011 at 10:41 am | #73

        hehehe propesor yang ngasih saran la kok propesor sendiri yang lupa, gimana tho prop

      • Yogi
        December 22, 2011 at 10:50 am | #74

        Jeck ,saya katakan berhenti di ayat 11 baca ulang apa yang dikatakan Yesus..tidak mengerti ulangi baca…! anda sepertinya bukan anak yang taat.!

      • December 22, 2011 at 11:14 am | #75

        yah kalau propesor bisa, ya silahkan propesor jelaskan, kan enak tho prop

    • maskulinman
      December 23, 2011 at 5:20 pm | #76

      Yogi said;
      Jeck
      Tuhan tidak pernah membuat manusia beragama tetapi Tuhan menginginkan Manusia mengenal dan menyembah Dialah Tuhan satu-satunya.
      =======================================================
      agamalah yg memperkenalkan Tuhan kepada manusia, jadi sungguh bodoh orang yg bilang “Tuhan tidak pernah membuat manusia beragama”. kalo tidak ada agama, maka manusia ngga bakal kenal yg namanya Tuhan.

  16. hampa
    December 21, 2011 at 9:47 am | #77

    wedus :
    Kalau ada yg mengatakan Yesus itu Tuhan..! orang tersebut tidak bisa membedakan antara kambing dengan onta…….!

    =======================================================================

    Apa bedanya mas…? dua duanya bisa disembelih, tapi konotasi jangan disamain antara Allah Swt dengan berhala, itu jelas beda kasusnya,
    Allah swt adalah Tuhanya orang Islam
    Berhala adalah Tuhannya orang kafir
    tu ngak……?

    • maskulinman
      December 23, 2011 at 2:58 pm | #78

      Hampa said;
      Apa bedanya mas…? dua duanya bisa disembelih, tapi konotasi jangan disamain antara Allah Swt dengan berhala, itu jelas beda kasusnya,
      Allah swt adalah Tuhanya orang Islam
      Berhala adalah Tuhannya orang kafir
      tu ngak……?
      ======================================
      memang dua2nya bisa disembelih, tapi tetap saja keduanya berbeda. orang2 kristen menyama2kan Allah dengan Yesus, namun tetap saja keduanya berbeda. mau dianggap semirip apapun, tetap aja berbeda. kuda dan keledai punya banyak faktor kesamaan namun keduanya tetap saja berbeda. itulah maksudnya…

  17. Reppy
    December 22, 2011 at 11:34 am | #79

    Tuhan adalah Sang Maha Segalanya.
    1. Adalah salah kalau menganggap Tuhan dapat menjadi semua yg menurut pemikiran manusia. Sebab Tuhan juga tidak dapat berlawanan dg sifat2x Tuhan yg ada, karena Tuhan tidak ingin dan tidak perlu.
    Tuhan tidak bisa mati, karena Tuhan itu kekal. Kalau ada Tuhan mati, berarti Tuhan itu tidak kekal, dan itu pasti bukan Tuhan.
    Tuhan tidak berdoa, karena Tuhan adalah penerima dan pengabul doa. Kalau ada Tuhan berdoa, itu pasti bukan Tuhan, karena berdoa itu adalah pada Tuhan, dan Tuhan tidak perlu berdoa pada diri-Nya sendiri.
    Tuhan tidak dapat diciptakan karena Dia adalah pencipta dan Dia bukan makhluk. Kalau ada Tuhan diciptakan, itu pasti bukan Tuhan, itu pasti makhluk, karena Tuhan tidak diciptakan melainkan pencipta, yg diciptakan adalah makhluk.
    Itu hanya beberapa contoh, masih banyak yg lain lagi. Intinya, Tuhan juga tidak mungkin menjadi dan melakukan sesuatu yg bertentangan dg sifat2x-Nya yg juga Dia nyatakan sendiri seperti tertulis dalam kitab suci.
    Demikian juga dg Trinitas. Kalau Tuhan menyatakan dalam kitab suci bahwa Dia itu Esa (bukan Trinitas), bahwa tidak ada Tuhan lain selain Dia, maka Tuhan pasti juga bukan Trinitas.
    Kalau Tuhan adalah roh (menurut ajaran Kristen), lalu apa perlunya ada Roh Kudus yg dikatakan sbg roh Allah kalau Allah itu sendiri adalah roh?
    Lalu juga buat apa Tuhan harus bersusah payah “menghinakan” diri-Nya menjadi manusia untuk dapat disiksa dan dibunuh oleh manusia ciptaan-Nya sendiri untuk membebaskan manusia dari dosa manusia terhadap-Nya sendiri?
    Mengapa Tuhan harus sekejam itu thd manusia (dg tidak mengampuni Adam /Hawa sampai sekian generasi), thd “putra”-Nya sendiri, atau bahkan pada diri-Nya sendiri dg harus membuat “misi penyelamatan manusia” yg berdarah-darah itu untuk membebaskan dosa manusia thd-Nya sendiri? Bukankah Tuhan itu maha pengasih, penyayang, dan pengampun? Bukankah lebih mudah bagi Tuhan untuk mengampuni Adam/Hawa yg sudah terhukum sejak masih hidup dan bukannya membuat semua keturunan Adam/Hawa ikut menanggung dosa yg kemudian harus ditebus sendiri oleh Tuhan?
    Tidak, semua rangkaian kisah yg membentuk Trinitas itu sama sekali tidak logis. Dan dengan semua kebesaran Allah, Dia tidak perlu untuk menjadi Trinitas. Itu adalah konsep yg tidak berdasar.

    • Yogi
      December 23, 2011 at 11:15 am | #80

      Anda memiliki idiologi sendiri tentang Tuhan, itu hak anda, tetapi Tuhan tidak tertarik pada idiologi manusia.

      • December 23, 2011 at 1:20 pm | #81

        ya tentu saja karena segala sesuatu di alam semesta baik yang tampak atau tidak pastinya ciptaan Tuhan

      • maskulinman
        December 25, 2011 at 10:44 am | #82

        Yogi;
        Anda memiliki idiologi sendiri tentang Tuhan, itu hak anda, tetapi Tuhan tidak tertarik pada idiologi manusia.
        ======================
        hehehehe…sampeyan kok sekarang da kayak Nabi aja sih?? kayak yg paling tahu kalo Tuhan tidak tertarik dng idiologi manusia?? dapet info dari mana kalo Tuhan tidak tertarik dengan idiologi manusia?? apa sampeyan baru aja ketemu sama Tuhan??? :D udah ah..sampeyan makin lama makin gila …

      • Dante
        December 29, 2011 at 5:49 pm | #83

        Maskulinn:
        Maklum Bang, Yogi mang dah terbiasa ngebandingin kualitas Tuhan melalui kualitas2 yang ada pada diri makhluk-Nya (manusia), makanya dia bisa nebak isi fikiran Tuhan, kira2 ideologi seperti apa yang Tuhan mau untuk menggambarkan diri-Nya.
        Hasil settingan bertahun2 dogma: bahwa tuhan bisa mati, teriak, digoda Iblis, disiksa dan berdarah2.
        Tuhan si Yogi memang manusiawi bgt.

      • December 29, 2011 at 7:43 pm | #84

        wah berarti tuhan punya hasrat …….lantas gimana ya cara pelampiasannya

      • Gue Yesus
        December 29, 2011 at 9:32 pm | #85

        Cara melampiaskan hasrat tuhannya yogi dengan cara ngobok-ngobok p**t*t nya keledai Bung Jack

  18. farisi
    December 23, 2011 at 7:55 pm | #86

    kalau keledai dan kuda, itu masih mirip…! cuma orang pintar yang dapat membendakkannya.
    Tapi kalau ada orang yang yang mencium batu karena dia menyangka atau ada orangyang mengatakan bahwa BATU HITAM ITULAH ALLAH, orang yang melakukan itulah yang paling goblok.

    cuma Yogi aja yang mengatakan batu Hitam itu Allah….

    • Yogi
      December 27, 2011 at 2:11 pm | #87

      la…benar itu…mana ada maling ngaku maling..hehehehehe

      • December 28, 2011 at 2:50 pm | #88

        dan mana ada Iblis ngaku Iblis, yang ada Iblis ngaku tuhan

  19. Yogi
    December 27, 2011 at 2:11 pm | #89

    maskuliman.

    Anda hanya tahu tentang tuhan hanya berdasarkan idiologi manusia yang konyol dan manusia yang memiliki selera kotor.
    Jika anda bisa anda harus mengalami sendiri siapa Tuhan yang sesungguhnya. Agama tidak akan membawa anda mengenal Tuhan tetapi akan membawa andan kepada ritula dan penyemabhan yang itu-itu saja. Anda tidak akan tahu maksud dan tujuan tuhan, mengapa anda dilahirkan di muka bumi ini, yang anda tahu hanyalah melakukan ritual agama anda sampai anda mati.
    Itulah kebanyakan orang yang terjebak dalam agama, tidak hanya islam,kristen juga, hindu juga, budha juga, dll.
    Jadi kenalah Tuhan bukan apa kata orang tetapi kebalah karena anda memiliki hubungan pribadi yang baik dengan anda.
    Jangan hanya menjerit 5x sehari dan membuat perayaan-perayaan setiap bulan2 tertentu, tetapi anda hanya tahu idiologinya aja.

    • December 27, 2011 at 2:28 pm | #90

      cara mengenal tuhan itu gimana prop

      • December 27, 2011 at 4:00 pm | #91

        mungkin maksud si yogi,kalau belum mati di tiang salib,belum mengenal tuhan.
        ayo,berlomba-lombalah mati di tiang salib.

      • Yogi
        December 30, 2011 at 10:03 am | #92

        Yogi untuk mengejar tujuan tuhan alam hidup gue dong??? beda dengan Loe Yesus….hanya untuk jedutin itu jidak di tanah..hahahahahahahaaaaa…..!

      • Gue Yesus
        December 30, 2011 at 11:59 am | #93

        Emang gimana caranya mengejar tujuan tuhan yogi?

    • Gue Yesus
      December 29, 2011 at 9:38 pm | #94

      Lantas loe dilahirkan kedunia untuk apa yogi, hanya untuk melakukan ritual nyanyi-nyanyi di gereja padahal yesus gak pernah ngajarin hal yg seperti itu ato untuk menentang perintah tuhan? Disuruh sunat malah gak sunat dilarang makan babi malah makan babi. Loe-loe pade malah menjerit2 nyanyi gak jelas digereja itu buat apa yogi?

    • January 5, 2012 at 9:24 pm | #95

      yogi said;
      Anda hanya tahu tentang tuhan hanya berdasarkan idiologi manusia yang konyol dan manusia yang memiliki selera kotor.
      Jika anda bisa anda harus mengalami sendiri siapa Tuhan yang sesungguhnya. Agama tidak akan membawa anda mengenal Tuhan tetapi akan membawa andan kepada ritula dan penyemabhan yang itu-itu saja. Anda tidak akan tahu maksud dan tujuan tuhan, mengapa anda dilahirkan di muka bumi ini, yang anda tahu hanyalah melakukan ritual agama anda sampai anda mati.
      Itulah kebanyakan orang yang terjebak dalam agama, tidak hanya islam,kristen juga, hindu juga, budha juga, dll.
      Jadi kenalah Tuhan bukan apa kata orang tetapi kebalah karena anda memiliki hubungan pribadi yang baik dengan anda.
      Jangan hanya menjerit 5x sehari dan membuat perayaan-perayaan setiap bulan2 tertentu, tetapi anda hanya tahu idiologinya aja.
      =================================================
      hehehe..sampeyan belajar dulu apa itu Tuhan baru sampeyan tau siapa Tuhan sesungguhnya. sampeyan itu sudah banyak dibodohi sama orang2 yg beridiologi bodoh yg ngga bisa membedakan mana Tuhan mana manusia. sekali lagi saya katakan bahwa ngga ada manusia yg mengenal Tuhan selain melalui agama. orang2 atheispun ngga mempercayai Tuhan setelah mereka belajar tentang Tuhan dari agama, kalo ngga ada agama maka ngga ada satupun manusia yg mengenal Tuhan, karena agama adalah sistem kepercayaan kepada Tuhan. nah dari pengertian agama sendiri aja sampeyan ngga ngerti. setiap orang yg mempercayai adanya Tuhan maka orang tersebut sudah dikatakan ber”agama”.
      buat saya sampeyan ini orang lucu yg tiba2 saja bisa mengenal Tuhan tanpa agama (sistem kepercayaan kepada Tuhan), bagaimana orang bisa percaya adanya Tuhan kalo dia tidak mengenal sistem kepercayaan kepada Tuhan/agama.
      bagaimana orang mau mengenal Tuhan kalo idiologi tentang Tuhan saja tidak tahu. analoginya adalah seperti orang yg mau merakit komputer tapi yg namanya komputer aja ngga tahu. nah itu orang dungu namanya. nah sampeyan sudah memenuhi kriteria itu bung Yogi.
      jadi saran saya ada baiknya anda belajar dulu tentang Tuhan dari ajaran agama agar anda jangan jadi orang yg dungu dan sok tau tentang Tuhan.

  20. Tolong LO Jawab
    December 28, 2011 at 5:47 pm | #96

    Yogi :

    http://edyprayitno.wordpress.com

    Kesini aja bro klo km memang benar2 tau tentang agamamu dan berani berdebat.

    o ya,aku blh tanya ga ma km,jelasin donk knp sih natal tu hrs tanggal 25 desember,yg nentuin hrs 25 desember tu sapa bro??
    o ya, 1 lg..tu foto yesus di ambilnya taon berapa bro??pake kamera merk apa ya??
    sorry ni klo pertanyaannya byk..tlg dijawab ya bro…hehehehehe…

    • Yogi
      December 30, 2011 at 10:06 am | #97

      apa perlu penjelasan ama loe? sebelum otak loe pade belum di ganti dari otak keledai liar menjadi otak domba, malaikatpun yang kasipenjelasan juga tidak akan loe terima hahahahahahahahah…!

      • December 30, 2011 at 10:52 am | #98

        wekekekeke biasa kalau kephenchet larinya ke keledai liar
        ada apa prop dengan keledai liar

      • haidar
        December 30, 2011 at 11:01 am | #99

        nggak tau tuh , kok bisa bisanya maniak banget dengan hewan yang namanya keledai, (kayaknya memang terinspirasi ajaran dalam alkitab)

      • Gue Yesus
        December 30, 2011 at 12:01 pm | #100

        si gigi kalo sudah mentok dan gak bisa jawab ya seperti ini dia kesetanan gak tentu arah dah kemasukan roh kardus dia

      • Gue Yesus
        December 30, 2011 at 12:04 pm | #101

        Katanya gambaran tuhannya gigi seperti gambar dirinya, ternyata tuhannya gigi bodoh seperti gigi ditanya apa jawabnya muter-muter dah mentok trus maki-maki dan marah-marah begitu ya gigi gambaran tuhan yg sempurna seperti dirimu

    • haidar
      December 30, 2011 at 10:36 am | #102

      bilang aja prop, nggak bisa jawab, nggak usah pake pernyataan yang muter-muter…

  21. hampa
    January 3, 2012 at 2:48 pm | #103

    haidar :
    nggak tau tuh , kok bisa bisanya maniak banget dengan hewan yang namanya keledai, (kayaknya memang terinspirasi ajaran dalam alkitab)
    </blockquot
    ========================================================================

    betul bro…. yogi cs paling seneng lihat pantat…….sepertinya menggoda gitu……. apalagi pantat keledai…. hampir sama dengan pantat…..madona… wk wk wk

    • haidar
      January 3, 2012 at 5:51 pm | #104

      wkwkwk…..begitulah kalau orang sudah terobsesi dengan keledai … :D :D :D

    • January 6, 2012 at 7:45 am | #105

      mending pantatnya neng jeniper lopez or mbak Kim

  22. stev
    January 5, 2012 at 10:38 pm | #106

    Bukan terobsesi prenn….

    tapi ada tertulis…
    silakan baca buku Kejadian 16:11-12

    • haidar
      January 6, 2012 at 6:52 am | #107

      baca sendiri aja,aku sih ogah baca kitab porno….

    • January 6, 2012 at 7:48 am | #108

      “Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan setiap orang dan tangan setiap orang akan melawan dia, dan ditempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.” (Kej 16:12)

      “Yehuda adalah seperti anak singa; setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya?” (Kej 49:9)

      “Lihat, suatu bangsa, yang bangkit seperti singa betina, dan yang berdiri tegak seperti singa jantan, yang tidak membaringkan dirinya, sebelum ia memakan mangsanya dan meminum darah dari yang mati dibunuhnya.” (Bil 23:24)

      “Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata : “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Yoh 1:29)

      “Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata : “Lihatlah anak domba Allah!” (Yoh 1:36)

      “Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.” (I Korintus 5)

      gue kasih yang persi komplet pren, yesus ternyata punya empat kethek lho pren

    • Gue Yesus
      January 6, 2012 at 7:51 am | #109

      Step…kenapa ya yesus suka nusuk-nusuk pantat keledai? Gak doyan pantat Madonna ya hadeeeh tuhannya aja punya kelainan gini gimana umatnya juga gak ikut punya kelainan macam si step ini? Gimana step? loe doyan nusuk-nusuk pantat keledai gak? Kalo loe gak doyan nusuk2 pantat keledai berarti loe umat pembangkang karena tidak mengikuti jejak yesus

  23. January 6, 2012 at 6:49 am | #110

    TB (1974) ©
    Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua 1 saudaranya. k ”

    BIS (1985) ©
    Tetapi anakmu itu akan hidup seperti keledai liar; ia akan melawan setiap orang, dan setiap orang akan melawan dia. Ia akan hidup terpisah dari semua sanak saudaranya.”

    TL (1954) ©
    Maka kanak-kanak itu akan menjadi seorang bagai keledai hutan lakunya dan tangannya akan melawan segala orang dan tangan segala orangpun akan melawan dia; maka iapun akan duduk pada sebelah timur segala saudaranya.

    MILT (2008)
    Dan dia akan menjadi manusia keledai liar, tangannya melawan setiap orang dan tangan setiap orang melawan dia; dan dia akan tinggal berhadap-hadapan dengan semua saudaranya.”

    KSI (2000) ©
    Ia akan menjadi orang yang hidupnya seperti keledai liar . Tangannya akan melawan setiap orang, dan tangan setiap orang akan melawan dia. Ia akan tinggal di hadapan semua saudaranya.”

    ENDE (1969) ©
    Ia akan djadi seperti keledai liar. Tangannja melawan sekalian orang dan tangan sekalian orangpun melawan dia; iapun akan tinggal berhadap-hadapan dengan saudara-saudaranja”.

    Shellabear Draft (1912) ©
    Maka ia akan menjadi di antara manusia seperti seekor keledai hutan lakunya dan tangannya akan melawan orang sekalian dan tangan orang sekalian pun akan melawan dia maka ia pun akan duduk di hadapan segala saudaranya.”

    KJV
    And he will be a wild man; his hand will be against every man, and every man’s hand against him; and he shall dwell in the presence of all his brethren.

    Baca yg bener yaaa … jgn cuma nyuruh baca tapi gak pernah ikut baca.
    Beda2 tuh masing2 edisi …. ngomong2 kamu pake edisi yg ke berapa lagi nih?
    Udah pake yg paling mutakhir blom. Kitab Suci kok pake update segala … kitab suci cap opo kuwi ?

  24. January 6, 2012 at 6:54 am | #111

    Udah pake yg versi gaul blom …. biar kamu keren , pake itu aja . Ada pesbuk & twiter segala (katanya) lho. Seru pokoknya dech …. (ini kitab firman tuhan opo kitabnya si “firman” yaa ? :) :) :) )

    • haidar
      January 6, 2012 at 7:14 am | #112

      hehehe :D :D :D , mantap coy

  25. Yudha
    January 16, 2012 at 10:09 am | #113

    assalamuallaikum wr wb
    Hai saudara kaum muslim,tidak seharusnya kita mencela agama orang lain dan memaksakan pendapat kita pada mereka yg tersesat,karna didalam islam TIDAK ADA PAKSAAN DALAM BERAGAMA,karna di islam hanya ada dakwah dengan baik dan tegas dan itupun terserah mereka yg mau menerimanya…

    Dan buat kalian para ahli kitab :
    Kami tidak memaksa kalian keluar dari kristen tp kami hanya menyadarkan kalian kalau Tuhan itu tunggal/ESA,Maha Berkuasa atas segala sesuatu, tidak ada yg bisa menyerupai-Nya
    ,manusia yg memikirkan asal mula Tuhan itu hanya akan berakhir dengan kebingungan bayangkan untuk menghitung nikmat yg diberikan oleh-Nya saja kita tidak mampu karna begitu banyak dan luasnya.

    lihat saja orang2 Yahudi saja mengakui ke Esaan Nya,kenapa kalian TIDAK, berarti kalian lebih sesat dari orang2 Yahudi..
    Jadi katakanlah:
    TIADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN ISA/YESUS UTUSAN ALLAH

KIRIM KOMENTAR

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 236 other followers