Home > berita mualaf > Akhirnya Pemuka gereja Ortodoks Rusia ini,Memilih jadi Muslim

Akhirnya Pemuka gereja Ortodoks Rusia ini,Memilih jadi Muslim

Dr. Viacheslav Polosin adalah lulusan Universitas Moskow, Fakultas Filsafat, jurusan sosiologi, tahun 1978.

seorang pater yang masuk dalam jajaran pejabat tinggi di Gereja Ortodoks Rusia. Pria kelahiran Moskow, 26 Juni 1956 mulai bekerja untuk Gereja Ortodoks pada tahun 1980 sebaga seorang “Reader” (orang yang bertanggung jawab untuk membacakan kutipan-kutipan kitab suci dalam peribadatan).

Ia kemudian belajar teologi di sebuah seminari di Moskow. Setelah lulus dari seminari tahun 1983, Polosin ditunjuk sebagai diaken (mengerjakan tugas-tugas pelayananan gereja), lalu diangkat menjadi pater.

Polosin bertugas menjadi pater di sejumlah paroki di kawasan Asia Tengah sampai tahun 1985. Ia pernah menjadi kepala gereja di kota Dushanbe, tapi kemudian dideportasi dari wilayah itu oleh otorita pemerintahan Soviet atas tuduhan membangkang pemerintahan komunis Soviet. Polosin lalu bekerja sebagai penerjemah paruh waktu di departemen penerbitan Kantor Keuskupan di Moskow.

Juni 1988, ketika penindasan terhadap agama oleh pemerintah Soviet mulai reda, Polosin kembali menjadi pendeta di sebuah gereja baru yang nyaris roboh di kota Obninsk, wilayah Kaluzhsky, hingga ia dipromosikan menjadi imam agung pada tahun 1990.

Perjalanan karir Polosin sebagai pemuka agama semakin mulus. Pada bulan Maret 1990, Polosin terpilih sebagai deputi dan anggota Mahkamah Soviet Federasi Rusia, mewakili wilayah Kaluzhsky. Di Mahkamah itu, Polosin menjadi ketua bidang kebebasan beragama hingga tahun 1993. Semasa jabatannya, Polosin berperan dalam pembuatan undang-undang “Kebebasan Beragama”.

Sejak tahun 1990, Polosin ikut serta dalam pendirian gerakan Kristen Demokratik di Rusia. Ia sendiri duduk sebagai salah satu pengurus di gerakan tersebut sampai tahun 1993. Pada saat yang sama, Polosin menyelesaikan studinya di Akademi Diplomatik Kementerian Luar Negeri Rusia dan mendapat gelar MA untuk bidang ilmu politik.

Aktif berpolitik, Polosin sudah meninggalkan kegiatan gereja sejak tahun 1991 dengan alasan sulit baginya untuk membagi waktu antara aktivitasnya di bidang politik dan agama. Setelah Mahkamah Soviet dibubarkan tahun 1993, Polosin menolak tawaran untuk kembali berkegiatan di gereja sebagai pendeta. Ia lebih memilih menjadi konsultan paruh waktu bagi Departemen Hubungan Internal Gereja, menjadi penasehat untuk pemerintahan negara bagian Duma yang tergabung dalam Komite Asosiasi Publik dan Organisasi Keagamaan.

Tahun 1999, Polosin meraih gelar setara dengan PhD setelah berhasil memperhankan thesisnya berjudul “Dialectics of a Myth and Political Myth Creation”. Setelah itu, Polosin banyak menulis artikel bertema keagamaan dan isu-isu agama-politik.
Salah satu buku karyanya adalah “Myth. Religion. State” yang mengupas tentang pengaruh mitos penciptaan pada perkembangan politik di masyarakat, serta keuntungan-keuntungan ideologi monoteistik untuk membangun sebuah negara.

Masih di tahun 1999, Polosin membuat pengumuman yang mengejutkan bahwa ia dan istrinya kembali ke monoteisme, kembali pada agama nenek moyangnya, dan memeluk Islam. Ia menggunakan nama islami “Ali” di depan namanya.

Setelah masuk Islam, Polosin terpilih sebagai salah satu ketua “Refakh” sebuah gerakan sosial dan politik komunitas Muslim di Rusia. Ia juga menjadi pemimpin redaksi “Muslim Newspaper” yang diterbitkan pada tahun 1999.

Tahun 2003, Polosin terpilih sebagai presiden Persatuan Wartawan Muslim di Rusia, serta menjadi penasehat di Dewan Mufti Rusia.

Advertisement
  1. December 28, 2011 at 3:52 pm | #1

    Izin share ya akhi… wassalam

  2. Qomar
    December 28, 2011 at 5:03 pm | #2

    Subhanallah….

  3. saeful anwar
    December 28, 2011 at 8:42 pm | #3

    orang orang yg di beri hidayah biasanya orang orang yg cerdas, tapi sebaliknya orang yg murtad adalah orang yg bodoh dan tertutup hatinya

  4. December 29, 2011 at 8:43 am | #4

    Orang Islam tidak perlu berbohong, menipu, memaksa dan mengancam, agar mereka (umat lain) masuk Islam….tugas kita hanya menyampaikan informasi, dan biarlah Allah yang memberikan hidayah-Nya….. (apakah ada agama yang seperti ini selain Islam?)

    Mengapa ?
    karena agama yang benar, akan tetap terlihat kebenarannya bagi mereka yang berakal dan mau berpikir…….

    agama yang diridhoi, haruslah agama yang memiliki panduan/pedoman yang berlaku tetap sepanjang masa….. karena jaminan penjagaannya oleh Allah ….(apakah ada kitab suci selain Al Quran, yang ada jaminan penjagaannya dari Allah ?)

    lalu apa yang kurang ????
    yang kurang hanyalah keinginan mereka untuk menggunakan akalnya untuk berpikir dan menganalisa……JALAN MANA KAH YANG BENAR ?????

    • xyz
      December 31, 2011 at 2:53 am | #5

      Yupp..! saya sangat setuju dgn komentar anda.. seharusnya dinegara kita tidak ada lagi kejadian pembakaran / perusakan gereja atau tempat ibadah agama lain, pelarangan pembangunan tempat ibadah atau pun penganiayaan terhadap pemeluk agama selain agama Islam apalagi pengeboman di tempat2 ibadah.. Jika anda mengatakan bahwa Allah sendiri yg akan menjaga ajaran agama itu, lalu buat apa kita yg harus repot2 melakukannya(dgn cara kekerasan)..?

      • faham
        January 2, 2012 at 11:26 am | #6

        aturan harus tetap ada dong…. hal ini demi terciptanya perdamaian….
        kalau seenak udelnya yang berlaku maka saya yakin akan bertambah kekacauan….
        sekarang saja umat selain umat islam (agama terbesar ke-dua di Indonesia) seenak udelnya dalam misinya… segala sesuatu dihalalkan !! (penipuan, pemaksaan, iming-iming, hipnotis, pernikahan terselubung, dll).
        Kalau nggak mau cara baik jangan salahkan kalau ada cara kasar… dan sebaiknya tahu diri…

      • giraffe
        January 3, 2012 at 9:02 pm | #7

        kalo kasus GKI yasmin emang salah mereka, udah tau gak dapet tanda tangan malah pake acara palsuin tanda tangan. padahal walikota udah ngasih lahan gedung bekas KPU dan bersedia mengganti semua biaya yg sudah dipakai untuk pembangunan di tempat semula

      • fuyunghai
        January 25, 2012 at 5:27 pm | #8

        benar yg dikatak xyz, shrusnya tidak perlu takut apalgi sampai berbuat kekerasan apalagi sampai melarang org lain menjalankan ibadahnya..permasalahan GKI Yasmin sdh diputarbalikkan sehingga teman-teman muslim tidak mengerti pemasalahan sebenrnya. sangat ironis sekali rasanya jika kita melihat keadaan lebih mudah membangun tempat mesum daripada rumah ibadah..

      • January 25, 2012 at 5:33 pm | #9

        Jangan ada pemaksaan dalam beragama, JADI kalau anda paham kata2 tsb sbaiknya jangan MEMAKSAKAN kehendak anda mendirikan bangunan ibadah sudah tau warga disekeliling anda jelas2 tidak berkenan, plus aturan dan tatatertib pun tidak diikuti….

        Begitu juga kami uda tau warga sekeliling tidak menghendaki didirikan mesjid masak kami mau MAKSA

        Jadi siapa ya yang sebenarnya memaksakan kehendak dalam beragama??

      • fuyunghai
        January 25, 2012 at 5:37 pm | #10

        keyakinan adalah hak pribadi sesorang yg tidak dapat dipaksakan, jika seorang kristen mjd muslim atau sebaliknya muslim menjadi kristen sebenarnya tidak ada yg perlu dipermasalahkan, biar pengadilan terakhir yg membuktikan yang mana yang merupakan kebenaran sesungguhnya tetapi lebih dari pada itu jika kita masih hidup didunia ini kebenaran yg sesungguhnya jika kita mampu menjadi berkat bagi orang lain melalui ucap dan tingkah laku kita. Untuk itu apapun yang dilakukan oleh manusia dgn latarbelakang apapun jika untuk kebaikan sebaiknya didukung dan bukan diberangus. Pendirian rumah ibadah agama apapun pastinya untuk kebaikan spy manusia indonesia itu lebih bermoral harus didukung oleh semua pihak.

      • January 25, 2012 at 6:06 pm | #11

        keyakinan adalah hak pribadi sesorang yg tidak dapat dipaksakan, jika seorang kristen mjd muslim atau sebaliknya muslim menjadi kristen sebenarnya tidak ada yg perlu dipermasalahkan, biar pengadilan terakhir yg membuktikan yang mana yang merupakan kebenaran sesungguhnya tetapi lebih dari pada itu jika kita masih hidup didunia ini kebenaran yg sesungguhnya jika kita mampu menjadi berkat bagi orang lain melalui ucap dan tingkah laku kita. Untuk itu apapun yang dilakukan oleh manusia dgn latarbelakang apapun jika untuk kebaikan sebaiknya didukung dan bukan diberangus. Pendirian rumah ibadah agama apapun pastinya untuk kebaikan spy manusia indonesia itu lebih bermoral harus didukung oleh semua pihak.
        =====================================
        Anda ini aneh, kenapa jadi nyambung islam jadi kristen, kristen jadi islam??

        Anda paham ga bahwa jemaat gereja yang tinggal di Yasmin hanya 5 orang dan membawa tamu banyak2 dari luar?
        Membawa banyak tamu dari luar lingkungan itu ada tertibnya bung, kalau ga nanti bisa bikin macet dan tidak tertib.

        Orang kalau mau kawinan di lingkungan rumah harus lapor rt rw, karena akan mendatangkan orang banyak bisa mengganggu tetangga sekitar karena mobil yang lalu lalang dan orang2 yang lalu lalang…meskipun kawinan tidak tiap minggu tetap harus lapor…
        nah apalagi kalao ke gereja tiap minggu??

        Ikutin aja dulu tata tertibnya bung, ga usah pake manipulasi tandatangan dsbnya, dan pelaku manipulasi tsb sudah terbukti..

        Juga, Katanya tidak ada PEMAKSAAN AGAMA bukan??
        Anda juga jangan MEMAKSAKAN mendirikan tempat ibadah, kalau memang lingkungan tsb tidak menghendaki, kalau mau pake aja rumah sendiri ga usah undang tamu2 banyak2 dari luar tiap minggu, ngertiin dong tetanggaa sekeliling juga punya urusan…

        Nah ini lagi pendapat subyektif, siapa pula yang mendukung tempat pelacuran, islam juga tidak mendukung bung, anehnya giliran tempat pelacuran dibredel bilangnya melanggar HAM..

        Halaahhh….XD

  5. December 29, 2011 at 9:09 am | #12

    Alhamdulillah mudah-mudahan cahaya Islam akan menerangi Eropa dan Benua lainnya….

  6. andry
    December 29, 2011 at 10:00 am | #13

    @saeful
    setuju bro.. kbnykan yg sering terjadi sprti itu. alhamdulillah,smkin banyak yg benci Islam,tp malah smakin bnyk yg masuk Islam..

  7. Zusmin
    December 29, 2011 at 11:03 am | #14

    Kasihan tu anak—-kali dia kecewa gara-gara dalam agamanya keinginannya tidak terpenuhi. subhanallah..!

  8. Ali On
    December 29, 2011 at 11:08 am | #15

    Orang yang pindah agama belum tentu karena dia mengerti tentang Tuhan, kali mungkin juga dia kepingin terkenal di dunia Islam, perlu di curigai…!

    • December 29, 2011 at 12:44 pm | #16

      apakah islam juga mengajarkan prasangka buruk terhadap orang lain?

    • December 29, 2011 at 8:00 pm | #17

      Dan org yg pindah ke kristen juga belum tentu tahu ttg yesus. Seringkali krn tuntutan perut dan “kebodohannya” mengenai agamanya yg dulu.

  9. Reppy
    December 29, 2011 at 2:39 pm | #18

    Jack :apakah islam juga mengajarkan prasangka buruk terhadap orang lain?

    boleh saja curiga tetapi jangan buruk sangka, memang sebagai muslim kita juga harus waspada karena untuk menghancurkan Islam biasanya musuh2 Islam akan menyerang dari dalam karena mereka tau kalau dari luar sangat sulit mengalahkan kita. Hal tersebut pernah terjadi di Aceh jaman kesultanan Iskandar Muda yang mana Belanda menyusupkan orangnya yang pura2 masuk Islam untuk menghancurkan Islam (Aceh) dari dalam.

  10. December 29, 2011 at 3:50 pm | #19

    TInggal lihat aja kontribusinya….apakah meluruskan akidah dan menegakkan sunah/syariat? atau malah meliberalkan syariat dan mendangkalkan akidah? Jika dilihat dari postingan artikel diatas sepertinya masih normal2 aja…..
    Mudah2an beliau masuk karena memang mendapat hidayah dari Allah dan kita juga mendapat ilmu dari dia….terkadang seorang muallaf yang masuk berangkat dari ilmu malah jauh lebih gigih memperjuangkan islam dari kita yang islam dari lahir….

    Daripada tetangga sebelah sekalinya dapat anggota baru macam abigail/ambar yang ngaku2 dulunya islam…XD

    • atar
      December 30, 2011 at 8:42 pm | #20

      belum kelihatan alasannya mengapa ya

      • December 30, 2011 at 10:23 pm | #21

        pertanyaan sama dari blog sebelah

      • Stain Remover
        December 31, 2011 at 1:29 am | #22

        @atar

        Alasannya dia tidak ingin dicap sebagai pembuat kejahatan oleh Yesus nanti pada hari akhir (Matius 7:23)

      • atar
        December 31, 2011 at 11:48 am | #23

        menurut beliau alasannya apa? bukan hasil asumsi anda sendiri. Supaya kita bisa mengetahui apa cerita ini palsu atau benar terjadi.

      • December 31, 2011 at 1:10 pm | #24

        bukankah lebih cocok pertanyaan anda itu diarahkan langsung kepada yang bersangkutan bung atar??

      • December 31, 2011 at 3:58 pm | #25

        Hohoho,
        Ada atar yang terkemuka….:)

      • December 31, 2011 at 4:25 pm | #26

        Masih di tahun 1999, Polosin membuat pengumuman yang mengejutkan bahwa ia dan istrinya kembali ke monoteisme,
        ===================
        Polosin mengumumkan bahwa dia dan istrinya (dia sendiri yang mengumumkan) kembali ke monoteisme, berarti dia sadar selama ini trinitas bukan ketuhanan yang maha esa…saya rasa itu alasan yang cukup, jika ingin lebih detil lebih baik tanya dia…

        Atau anda sudah menyimak videonya?

        Mau diskusi trinitas itu apakah sama dengan monoteisme?? Apakah sama 3 dengan 1??

        Berani terima tantangan ini tar.?
        Cmon tar,,,,i believe u are the expert….;)

      • atar
        January 1, 2012 at 5:01 pm | #27

        rudy no, apakah yg anda ketahui tentang trinitas??? monggo.

      • January 1, 2012 at 7:35 pm | #28

        saya yakin orang yang berakal tidak akan mampu memahami trinitas

  11. Dante
    December 29, 2011 at 5:18 pm | #29

    Siapapun yang mau make otak, nggak akan bisa menghindar dari kebenaran Islam.

    • atar
      December 31, 2011 at 11:50 am | #30

      coba pakai otak anda apa maksud Allah mengakui sebagai pembuat tipu daya??

      • December 31, 2011 at 1:09 pm | #31

        3:54. Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.

        pembuat atau pembalas??

        silahkan berkonsultasi dengan anak SD dulu bung

      • bapake yoga
        January 1, 2012 at 8:20 am | #32

        Sudah terlalu banyak fakta sejarah sejak Zaman Muhammad Rasulullah saw sampai saat ini. Maksudnya menghujat Islam, eh justru banyak orang menjadi tertarik dan akhirnya masuk Islam. Terima kasih juga kepada pendeta yang punya ide membakar Al Quran, gara-gara dia, Islam makin berkembang di Amerika. Jadi, Allah hanyalah membalas tipu daya, kick balik gitu loh…

      • atar
        January 1, 2012 at 5:06 pm | #33

        jack penerjemah anda ingin kata yg lebih halus, tetapi tetap saja tidak membantu , dalam bahasa inggris : planner artinya perencana atau perancang.

        tetapi apapun kata itu, Predikat tipu daya tidak pantas di sematkan pada Allah yg maha suci. perbuatan tipu hanya dilakukan oleh orang yang lemah dan tidak jujur. apakah anda senang allah anda dikatakan tidak jujur?? Masak Allah mengadopsi cara-cara tidak jujur dari manusia.

      • January 1, 2012 at 7:12 pm | #34

        hehehe makanya bung jangan dengan mudahnya anda mengikuti pendapat teman anda sendiri, sekarang keseleo to anda??

        yang saya tanya
        pembuat atau pembalas??

        dan sebagai contoh, pasca 9/11 islam makin berkembang di amerika bukannya malah semakin redup. anda tahu apa artinya itu bung atar??

    • Dante
      January 1, 2012 at 11:41 pm | #35

      Atar:
      Apa yang kamu tanya, udah dibahas di thread yang lain. Dan udah dijawab oleh saudara2 muslim. Buatku, pertanyaanmu cuma memastikan bahwa kamu tergolong ke jenis manusia yang tidak mau memakai otak.

  12. Rianp
    December 29, 2011 at 9:20 pm | #36

    Alhamdulillah Ini berita baik, kebenaran islam adalah mutlak dan kita sebagai orang islam keturunan karena orang tua islam wajib mengetahui dan memahami kebenaran agama sendiri sehingga kita menjadi muslim yang kuat dalam ilmu dan amal.

  13. Kristen Penuh Dosa
    December 31, 2011 at 9:28 am | #37

    Kalo seminari biasanya katolik,pastur,tdk menikah.
    Bisa dimengerti alasanya masuk islam.Nggak kuat ngikut YESUS.
    Apalagi nih orang mungkin sex nya kuat.Mendingan lu ……Ikut Ahmad aja deh.
    Drpd lu ikut YESUS akhirnya berzina.Kami jg yg malu.Kalu ikut ahmad mo ngesek dgn berapa istri ,….aman.
    Hampir semua mualaf terjadi karena SELANGKANGAN.Hampa dalam perjalanan spiritual.
    Liat tuh yang murtad,luar biasa sekali perjalanan spirituanya.Nyawa taruhannya.
    Sebab Yesus berkata : Barang siapa mau mengikut aku,dia harus memikul salibnya ( menderita ).Bedakan dgn mualaf :pikirannya ngesek terus,takut usahanya rusak,takut tdk makan.
    Orang islam aneh : orang kristen nolong muslim curiga,mo murtadin.Itulah arti kristus : cintailah sesama manusia.Lain kalo muslim nolongnya milih-milih kayak ahmad.
    Yg ditolongnya perempuan untuk kemudian dikawininya.
    Ada orang islam nemui saya mo jual agamanya 7 jt ,katanya utk byr hutang.
    Saya katakan padanya, orang kristen tdk sehina itu.Itulah DOKTRIN ISLAM.
    Orang kristen aja byk miskin ,perlu ditolong.
    Kalau orang islam byk murtadin bukan karena indomie,tp karena cahaya tuhan ada pada mereka orang -orang kristen,sehingga mereka jd tertarik.Orang krsiten soleh terlihat pada kemanusiaanya,beda dengan muslim soleh terlihat dari pakainnya.Jenggot,sorban terakhir pedang……Apa nggak orang islam sendiri nggeri………….
    nih orang beragama……apa kerasukan setan……..siapa pemimpinnya …..apa agamanaya
    Tau sendirilah……………….capek deh………………

    • December 31, 2011 at 9:42 am | #38
      • December 31, 2011 at 4:17 pm | #39

        ayo tar lanjutkan argumenmu di kandangmu sendiri….be smart atar…i believe u can….you are the expert….XD

    • atar
      December 31, 2011 at 11:53 am | #40

      benar , kita dibuat terheran heran, rasanya tidak mungkin orangnya rasional bisa menerima ayat ini. orang yg tidak menjaga kemaluan terhadap budak adalah tidak tercela.

      • December 31, 2011 at 1:08 pm | #41

        aduh rupanya setelah kalah di tempat lain anda mau mencoba peruntungan disini lagi bung atar dengan permasalahan yang sama pula

      • December 31, 2011 at 4:01 pm | #42

        Hhoho….seperti biasa lompat sana lompat sini….;)
        @atar lebih baik kamu lanjutkan argumenmu terhadap jack dan ilham othmany di kandangmu sendiri…atau jika berkenan komen saya tidak dimoderasi….

        btw kemarin ada saudaramu stev yang mampir ke sini pas hari libur natal rupanya dia tidak mengakui natal dan tidak merayakan natal loh, kami baru tau ada yang seperti itu

        Kamu sendiri gimana tar merayakan atau tidak?
        Jika merayakan apa tanggapanmu terhadap dia, jika kamu juga tidak merayakan natal apa juga tanggapanmu….?

      • December 31, 2011 at 4:27 pm | #43

        Masih di tahun 1999, Polosin membuat pengumuman yang mengejutkan bahwa ia dan istrinya kembali ke monoteisme,
        ===================
        Polosin mengumumkan bahwa dia dan istrinya (dia sendiri yang mengumumkan) kembali ke monoteisme menyembah tuhan yang maha esa MUTLAK, berarti dia sadar selama ini trinitas bukan ketuhanan yang maha esa…saya rasa itu alasan yang cukup, jika ingin lebih detil lebih baik tanya dia…

        Atau anda sudah menyimak videonya?

        Mau diskusi trinitas itu apakah sama dengan monoteisme?? Apakah sama 3 dengan 1??

        Berani terima tantangan ini tar.?
        Cmon tar,,,,i believe u are the expert….;)

      • atar
        January 1, 2012 at 5:13 pm | #44

        jack, lagi-lagi claim kosong yg anda buat, kalah??? dimana letak kekalahannya?? yang pasti, sdh banyak pertanyaan yg tidak bisa anda jawab bahkan quran anda. ini contohnya. berapa pastinya usia sanggup ( ketika sianak yg anda claim sebagai ismail dikorbankan).

        catatan : setiap manusia pasti punya usia dan Pasti Allah mengetahuinya. monggo jack , rudy no.

      • atar
        January 1, 2012 at 5:16 pm | #45

        satu pertanyaan tentang kemanusiaan, saudaraku rudy no. Apakah anda mengasihi orang kafir???

      • January 1, 2012 at 7:16 pm | #46

        hehehehe lantas apa hubungannya dengan siapa anak ibrahim yaang dikorbankan bung?? apakah anda memandang kitab suci sebagai buku biografi??

        pembuat atau pembalas?? ayo bung kita lanjut satu topik ini sampai selesai agar tiada dusta diantara anda dan kami

      • January 1, 2012 at 7:34 pm | #47

        hehehe kenapa tidak bung atar, saya mempunyai banyak teman non muslim dari mentawai dan saya sangat terkesan dengan toleransi mereka ketika saya puasa

      • January 2, 2012 at 7:14 am | #48

        Jika menurut anda klaim jack adalah klaim kosong, maka lanjutkan ARGUMEN anda sesuai SUBSTANSI yang dibicarakan, bukan membuat pertanyaan yang OOT dan kesimpulan penuh angan2, masih inget diskusi di thread “arsip khutbah….”;)
        Yang premis/kesimpulan tsb tidak ada di dasar di alquran kami, bahkan tidak ada juga di alkitabmu….
        Dan jangan campur pertanyaan2 yang berbeda tema dalam satu thread…saya yakin kamu paham adab berdiskusi;)

        Oya sesuai tema artikelnya Atar menanyakan alasan polosin memilih muslim karena kembali pada monoteism…
        Mau membahas monoteisme vs trinitas?
        Kami sudah menuliskan dasar kami, silahkan kamu tulis dasar kamu;)

      • January 2, 2012 at 7:21 am | #49

        Bung atar ini bisa aja, dicampur2 pertanyaan2 yang di thread lain, juga di kandang sendiri di bawa2 ke sini juga, kemudian buat pertanyaan lagi di artikel ini…XD

        Kamu bukannya terlihat pintar tar, tapi malah terlihat ceroboh dan gegabah…hayo tar…mau menjelaskan pada kami soal trinitas??

        Ini berkaitan soal artikel ini loh, yang menjadi alasan Bapak Polosin kembali pada Islam.,..:)

        Beranikah atar menerima pertanyaan kami menjelaskan trinitas berdasarkan alkitabnya?;)

      • January 2, 2012 at 7:34 am | #50

        @jack…atar minta bukti apakah kita mengasihi orang kafir…bukti kecil saja sudah dia lihat sendiri selama ini….anda bisa bebas menulis dan berkoar di website ini tanpa MODERASI tidak seperti kami di website anda….bahkan netter kristen yang berkomentar bawa2 binatang sekalipun bebas menulis:)
        Satu lagi ketika natal saya bersedia menggantikan kawan saya nasrani menjalankan tugas, dan sebaliknya kita saya idul fitri teman saya bersedia menggantikan saya, fair dan konkrit:)

    • December 31, 2011 at 3:55 pm | #51

      Hampir semua mualaf terjadi karena SELANGKANGAN.Hampa dalam perjalanan spiritual.
      =============================
      Yang saya tau sih orang murtad dari islam yang justru hampa dalam perjalanan spiritual, mereka tidak kuat dengan syariat dan ibadah dalam agama islam padahal untuk kebaikan sendiri, contoh gampang agar hilang dari kewajiban SOLAT,
      Mereka juga tidak kuat dengan tekanan dari kaum salibis baik itu tekanan ekonomi sosial politik yang dialami keluarganya
      Mengenai pemurtadan dengan indomie, sembako, dll? Wah itu mah udah jadi berita umum…
      yang paling parah malah cuma ngasi roti bungkus 1000 perak….XD
      Mulai kekurangan dana ya?

      @kristen penuh dosa
      uda tau penuh dosa eh masih berkomentar penuh caci maki, fitnah, dan angan2 sendiri….
      Tanya kenapa?:D

      • atar
        January 1, 2012 at 6:11 pm | #52

        apakah , orang di atas tidak membaca ayat ini: “berhubungan” dengan budak adalah tidak tercela.

        Quran 70:29-30
        Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak-budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Mengapa Allah tidak melarang perbudakan malah menyuruh ,mengeksploitasi budak???

        Mr. Polosin, are clever enough?

      • January 1, 2012 at 7:24 pm | #53

        hehehehe setelah KO di kandang sendiri malah anda bawa kesini bung, anda salah tempat

        (Efesus 6:5 )

        Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus,

        masih mau tambah lagi bung, sebagai pengingat

      • January 2, 2012 at 6:56 am | #54

        Lagi2 angan2, kata siapa Allah menyuruh perbudakan?
        Atar mungkin tidak atau ayat berikut, dimana Allah memerintahkan kepada manusia untuk menempuh 2 jalan baik yang sangat sukar dilakukan manusia yang cenderung egois.
        Bismillaaahhh
        Albalad:
        10. Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan
        11. Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar.
        12. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?
        13. (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan,
        14. atau memberi makan pada hari kelaparan,
        15. (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat,
        16. atau kepada orang miskin yang sangat fakir.

        2 jalan sukar itu adalah melepaskan budak dan memberi makan pada hari kelaparan….

        Zaman sekarang, pembantu bukanlah budak, mereka dibayar bahkan pembantu zaman sekarang sudah tidak mau menginap lagi di rumah majikannya….mereka lebih merdeka….bagi orang merdeka wajib kita menjaga aurat kita…
        Paham?

      • January 2, 2012 at 7:04 am | #55

        off course that mr polosin is (TUNGGAL jadi pakai to be IS) clever enough:)
        Sebagaimana ditulis di atas mr polosin kembali pada monoteisme atau dalam bahasa islam Tauhid (keesaan)….

        Monoteisme vs trinitas??
        Monoteisme, paham yang menyembah Tuhan yang Maha ESA,
        Esa dalam bilangan, tunggal, unik, Esa dalam sifat, kemampuan, kekuatan, kekuasaan, tidak ada yang setanding, setara, sama, sebanding dengan Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT yang menciptakan langit bumi, dan seluruh alam semesta raya…karena jika ada yang sebanding yang berarti dia tidak esa, tunggal, dan unik lagi…
        Dia tidak beranak tidak pula diperanakkan, segala sesuatu bergantung pada Allah, otomatis jika ada sesuatu A misalnya yang bergantung pada yang lain, maka A bukan Tuhan

        Trinitas, sama dengan politeisme, menyembah Tuhan lebih dari satu, dan Tuhan2 tersebut memiliki sifat2 yang sebanding, setara, kekuasaan dan eksistensinya bergantung satu sama lain…

        Atau menurut atar, yang saya yakin jauh lebih pintar soal trinitas mau menerangkan soal trinitas?
        I believe you are the expert..;)

      • January 2, 2012 at 7:07 am | #56

        of course Mr Polosin is clever enough, alasan dia adalah ingin kembali pada monoteisme, jadi dia paham agama dia selama ini mengajarkan trinitas adalah sama dengan politeisme ….:)

        Atau atar punya definisi sendiri soal trinitas berdasarkan alkitabnya?
        Bagaimana atar??

      • January 2, 2012 at 7:38 am | #57

        Yah seperti penyakitnya abigail dulu bung rudy, menyamakan pembantu dengan budak

      • January 2, 2012 at 7:49 am | #58

        @jack ya gitu de,
        Btw Bung atar ini bisa aja, dicampur2 pertanyaan2 yang di thread lain, juga di kandang sendiri di bawa2 ke sini juga, kemudian buat pertanyaan lagi di artikel ini…XD

        Kamu bukannya terlihat pintar tar, tapi malah terlihat ceroboh dan gegabah…hayo tar…mau menjelaskan pada kami soal trinitas??

        Ini berkaitan soal artikel ini loh, yang menjadi alasan Bapak Polosin kembali pada Islam.,..:)

        Beranikah atar menerima pertanyaan kami menjelaskan TRINITAS berdasarkan alkitabnya?;)

    • giraffe
      January 3, 2012 at 9:10 pm | #59

      kristen soleh terlihat dari pakainnya.salib diatas kain putih terakhir pedang……Apa nggak orang kristen sendiri nggeri………….

      untung gaya berpakaian kayak gini udah ditinggalkan, terakhir waktu perang salib

    • pencita2 jihad
      January 18, 2012 at 5:20 pm | #60

      O,ya ??? PEDE bnr ni org menghina poligami? apa dy dan org2 kafir lain tuh lupa klo poligami tuh sudah ada sejak jaman ibrahim,sulaiman,daud,dan ya’qub???
      Terbukti kan poligami tuh bkn perbuatan tercela.
      Ngomong2 soal terorisme,jgn asal bacot dong.Tunjukkin ayat al-qur’an atau hadits shahih yg membenarkan terorisme??
      Btw,koq kristen ngaku2 agama kasih ya? ada ayat bible yg mendukungnya g???
      Setahuku ada ayat bible yg blg klo”siapa bilang aq datang dgn kasih,aq justru datang dgn PEDANG”??? aq g yakin nih ayat asli(keaslian bible menurut para pakar bible hanya 18%).
      Bs jelaskan arti ayat ini g??
      Apa selama ini kalian mengkhianati ajaran agama kalian jika ayat ini bermakna sesuai teks???
      Apa selama ini kalian bilang klo agama nasrani penuh kasih dan damai tuh cuman bualan dan omong kosong belaka?
      Beda bgt ma islam yg mana tokoh panutannya(muhammad SAW) adalh seorang yg arif,bijaksana,serta kepemimpinannya(masyarakat madani) mjd impian seluruh org di dunia

  14. January 1, 2012 at 2:30 am | #61

    Percuma saja. Sudah nunggang-nungging saben hari sampek jidatnya item kebakar th akhirnya ditetapkan dan dipastikan masuk nraka, menjerit dan mrintih kekal selamanya.
    (Qs 19:71; 11:106,107)

    • January 1, 2012 at 7:00 pm | #62

      Percuma saja kamu ejreng2 tiap minggu di gerejamu , kalo yesusmu itu berkata :

      7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
      7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
      7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

      • January 1, 2012 at 7:30 pm | #63

        hihiihk padahal mau masuk surganya ambar juga sami mawon, di suruh jadi serdadu perang, SELAMANYA lagi

    • ifqo
      January 8, 2012 at 2:43 pm | #64

      Sepertinya anda tidak memahami apa yang and kaatakan. Yang kekal itu adalah kafir, sedangkan setiap manusia itu tidak luput dari dosa. Maka dari itu untuk menebus dosanya itu, mereka dimasukkan ke neraka untuk “dicuci”,,,

  15. atar
    January 1, 2012 at 5:21 pm | #65

    atar :jack penerjemah anda ingin kata yg lebih halus, tetapi tetap saja tidak membantu , dalam bahasa inggris : planner artinya perencana atau perancang.
    tetapi apapun kata itu, Predikat tipu daya tidak pantas di sematkan pada Allah yg maha suci. perbuatan tipu hanya dilakukan oleh orang yang lemah dan tidak jujur. apakah anda senang allah anda dikatakan tidak jujur?? Masak Allah mengadopsi cara-cara tidak jujur dari manusia.

    • January 1, 2012 at 7:27 pm | #66

      kenapa anda malah memaksakan pendapat bung??

      pembalas atau pembuat??

      contoh makin berkembangnya islam pasca 9/11 itu anda lihat sebagai apa bung??
      cocok bukan dengan ayat yang pernah saya berikan ( buktikan ingatan anda masih bagus dengan menunjukkan surat mana yang pernah saya berikan bung)

      • January 2, 2012 at 7:26 am | #67

        hehe lama2 mirip dengan saudaranya Stev, dikasi tau dasar pertanyaannya salah masi ngeyel, kemudian buat pertanyaan lain lagi, buat bahasan lain lagi…XD
        Mbok ya permisi gitu loh kalau memang tidak bisa memberi argumen lagi pada penjelasan kami, kemudian mau buat pertanyaan baru lagi

      • atar
        January 2, 2012 at 2:17 pm | #68

        hanya claim kosong tanpa bukti jack.

      • January 2, 2012 at 3:11 pm | #69

        buktikan bung atar, teman anda malah membawanya ke masalah kesamaan cerita Al Quran dengan cerita2 rakyat

    • January 2, 2012 at 8:44 am | #70

      bung jack, sepertinya ini menarik sekali, pertanyaan pertama atar di thread ini adalah alasan polosin masuk islam, berdasarkan artikel tersebut alasannya adalah dia (polosin) ingin kembali pada monoteisme.
      Berarti dia (polosin) baru sadar bahwa trinitas konsep dari agama sebelumnya adalah sama dengan politeisme atau bukan monoteisme.
      Atar bertanya apa arti trinitas menurut saya, nah menurut saya sama dengan polosin trinitas sama dengan politeisme, Kira2 jika memang salah, maukah atar menjelaskan konsep trinitas berdasarkan alkitabnya…?
      I believe atar is the expert of trinity…:)

      • January 2, 2012 at 9:34 am | #71

        hehehe paling2 malah anda sendiri bung rudy yang disuruh menjelaskan. dan sebaiknya sebeleum membuka suatu topik baru diberi batasan dulu agar tidak lari2 ke masalah yang lain ( menghindari jurus komedi putar )

      • January 2, 2012 at 10:01 am | #72

        Hehe iya juga si bung….niatnya saya daripada nyampur2in pertanyaan ga jelas pada satu thread makanya dibuat thread sesuai pertanyaan dia yang PERTAMA kali di artikel ini “alasan Polosin masuk islam” dan alasannya adalah kembali monoteisme, yang berarti selama ini trinitas yang dia (polosin) anut bukan monoteisme alias politeisme. Nah penjelasan saya pun sejalan dengan alasan polosin kembali ke Islam,bagaimana menurut atar apakah salah/benar?
        Jika benar, berarti atar secara tidak sadar mengakui trinitas adalah bentuk lain politeisme.
        Jika salah, apa alasannya?
        Jika atar mingkem, berarti sama saja atar mengakui kristen tidak menyembah tuhan yang maha esa berdasarkan konsep trinitasnya…
        bagaimana menurut atar apakah salah/benar bahwa trinitas adalah bentuk lain atau sama dengan politeisme??:)

      • January 2, 2012 at 10:05 am | #73

        Jika dia (atar) mingkem tanpa memberi argumen “apakah trinitas sama dengan politeisme?”
        Berarti atar bukan orang kristen, alias tidak punya identitas, alias atheis…..tapi kayanya bukan juga….XD

      • January 2, 2012 at 10:09 am | #74

        Btw alasan polosin di atas benar2 singkat, padat, jelas, ngeselin (buat orang2 yang gemar muter2)….
        KEMBALI KE MONOTEISME (TAUHID)…..subhaanallaahh

      • faham
        January 2, 2012 at 11:13 am | #75

        masih ada atar toh? kok nggak punya malu ya?

      • atar
        January 2, 2012 at 2:19 pm | #76

        rudi no, bisa ga anda buktikan trinitas adalah salah?? monggo

      • January 2, 2012 at 2:35 pm | #77

        Cuma segitu aja postinganmu tar? XD
        Lagian Siapa yang bilang salah ya? Saya bilang “trinitas sama dengan atau bentuk lain politeisme karena menyembah dan mengakui tuhan lebih dari satu”
        Masalah salah atau engga yang menganut paham demikian, ya itu kembali pada pribadi masing2 yang penting sudah dikasih tahu
        BTW, Mana tanggapanmu yang relevan sekali dengan tema artikel ini, dan relevan sekali dengan klaimmu pertama kali di thread ini “alasannya polosin tidak jelas”

        lagi2 hanya bisa menulis kata2 “tidak jelas” tanpa ada argumen sedikitpun

        Saya bilang “trinitas sama dengan atau bentuk lain politeisme karena menyembah dan mengakui tuhan lebih dari satu” oleh karena itu polosin ingin kembali pada monoteisme yaitu Islam….berarti kristen yang selama ini dia anut adalah sama dengan agama politeisme lainnya dan dia baru menyadari…

        Silahkan kamu tanggapi….;)

        Plis and plis, saya yakin kamu bisa posting lebih baik daripada “rudi no, bisa ga anda buktikan trinitas adalah salah?? monggo”
        “jawaban anda tidak jelas”
        “alasannya tidak jelas”
        Dijamin deh akan banyak netter muslim yang dengan senang hati menanggapimu

      • January 2, 2012 at 3:14 pm | #78

        belum ganti hari sudah terbukti ucapan saya kan bung rudy

        “hehehe paling2 malah anda sendiri bung rudy yang disuruh menjelaskan.”

      • January 2, 2012 at 3:15 pm | #79

        Terkait dengan artikel di atas, polosin ingin kembali pada monoteisme…..

        Bagaimana tar…bisa jelaskan apakah salah/benar “trinitasnya kristen adalah sama dengan atau bentuk lain dari politeisme karena mengakui dan menyembah tuhan lebih dari satu”??

        Ingat lo saya tidak pernah billang apalagi asal berkoar “trinitas adalah salah”…
        Saya bilang “”trinitasnya kristen adalah sama dengan atau bentuk lain dari politeisme karena mengakui dan menyembah tuhan lebih dari satu”??
        Jika memang kamu tidak menanggapi berarti memang kamu ateis…tapi kayaknya bukan juga sih dari cara berpikir dan cara bertanya yang udah2:p

      • January 2, 2012 at 3:19 pm | #80

        Hehehe bung jack bener juga….bahkan belum berganti hari pernyataan saya sudah dipelintir:P….ya gapapa bung…jika memang dia tidak menanggapi hanya bisa bertanya berarti atar ATHEIS….tapi bagaimana pula seorang ateis bisa membawa2 dasar pemikiran alkitab yah seperti yang sudah2….dan sya pengin mastiin dulu…..XD

      • haidar
        January 2, 2012 at 4:21 pm | #81

        mantapp,
        perkiraan yang super jitu bung jack, lanjutkan….

  16. hampa
    January 2, 2012 at 9:04 am | #82

    Bingung aku …ini debat mengenai apa ya…..?

    Perbedaan Monoteisme denga trinitas……..?

    Monoteisme = 1 Tuhan

    Trinitas = 1+1+1 = 1………anak TK…..?

    • January 2, 2012 at 10:03 am | #83

      Yup bung…yang bikin bingung itu atar dengan menyampur2 pertanyaan dalam satu thread, nah kami berusaha mengingatkan pertanyaan pertama dia “alasan POLOSIN masuk islam”?
      Biarkan dia (atar) menjelaskan trinitas menurut kitab dia

      • faham
        January 2, 2012 at 11:14 am | #84

        menunggu penjelasan atar??? = MIMPI !!

      • January 2, 2012 at 11:48 am | #85

        Huehehe….gapapa bung namanya juga bermimpi…sudah lama tak sua bang faham…
        @atar….jika kamu tak menanggapi, atau malah membuat pertanyaan…berarti atar PAHAM bahwa trinitas alias konsep kristen sama dengan POLITEISME….

  17. penyimak
    January 2, 2012 at 6:32 pm | #86

    Subhanallah….Assalammualikum
    ijin nyimak dari bulan sept makin seru dan mencerahkan thx buat bung rudi no,jack,faham dll, dan netter islam lainya yg dengan sangat,jelas dan mengena pada pokok sasaran bahasan dibanding lawan diskusinya yg selalu muter-muter persis komedi puter :-) .

    saya mendapat perbendaharaan kata-kata: komedi putar, muter-muter, nggak mundeng-mundeng bagi para netter kristen.

    wassalam..

    • Dante
      January 3, 2012 at 3:50 pm | #87

      Bang, itu baru awalnya. Kalo abang ikutin terus posting nya dan lihat logika para netter kristen, dijamin bakal awet muda. Lucu-lucu sih. Kayak ngeliat anak TK berdebat. Sayangnya kalo dah mulai terdessak n ga bisa ngejawab, biasanya mereka mulai melakukan pembunuhan karakter dengan melemparkan hinaan membabi buta. Lucunya lagi, semua topik hinaan mereka adalah apa yang udah ribuan kali di counter ma netter muslim. Tapi ya itu tadi, memang mereka nggak mudeng. Maklum, yang mereka pake logika anak TK.

      • bapake yoga
        January 14, 2012 at 12:10 pm | #88

        @ Bang Dante, @ Bang Hampa dan lain-lain. Jangan bawa-bawa anak TK doooooong. Aka saya yang TK punya logika yang bagus lho, kadang kami bingung ngejawab pertanyaan atau mengkomentari pernyataannya yang tiba-tiba dan Subhanallah…. yang benar hanya dari Allah.
        Lagi pula, hafalan Juz 30 anak TK banyak yang bagus lho. Jadi sebetulnya anak2 TK kita adalah bibit2 pemikir yang handal. Sama kayak Husein Toa tobai dari Iran yang tentunya kini sudah dewasa.

  18. giraffe
    January 3, 2012 at 9:14 pm | #89

    giraffe :
    kristen soleh terlihat dari pakainnya.salib diatas kain putih terakhir pedang……Apa nggak orang kristen sendiri nggeri………….
    untung gaya berpakaian kayak gini udah ditinggalkan, terakhir waktu perang salib

    ralat: salib merah diatas kain putih

  19. January 6, 2012 at 9:26 pm | #90

    maha suci alloh yang telah mengetuk hati-hati yang keras untuk mendapatkan kucuran hidayah dan taufik-Nya

  20. January 7, 2012 at 12:23 pm | #91

    puji syukur hanya kepada TUHAN KITA YANG ESA,,,, ALLAH SWT….

  21. Kemal Attaturk
    January 9, 2012 at 4:00 am | #92

    Kenapa anda-anda sekalian tidak berdebat di tempat umum seperti posting komentar di berita yahoo ?
    ada banyak kepercayaan di sana ; Atheis, Agnostik, Islam, Kristen, Kejawen, Hindu, Buddha, TAo, Confusius, Sekuler, dll

    Berkomenlah di Berita yg diterbitkan republika di Yahoo
    karena banyak berkaitan dgn Agama…

    Just an open suggestion for you all…
    Salam,….

    • January 9, 2012 at 3:55 pm | #93

      Ga baca judul situsnya apa?
      “Answering” menjawab/menyanggah situs2 penghujat islam macam faithfreedom, alisina, shamsamoun,dll….
      Sebaiknya kamu juga menasihati netter situs penghujat tersebut untuk berkomen di republika dan yahoo…sudah kamu lakukan itu?
      Anyway,pengagum kemal attaturk? Sudah tau belum kemal attaturk orang yahudi yang menghancurkan kekhalifahan ottoman, dan yang mensekulerkan islam di turki, mem-bahasaturki-kan adzan? sebelum akhirnya turki bisa beradzan lagi dalam bahasa arab seperti sekarang

      Thanks
      Salam

      • giraffe
        January 10, 2012 at 9:22 pm | #94

        kemal attaturk juga seorang don juan, mangkanya sekarang turki udah ketularan barat

      • January 11, 2012 at 2:22 pm | #95

        Tapi pelan2 sepertinya turki sudah mulai kembali ke jatidiri islamnya seperti dulu…CMIIW

      • Dante
        January 11, 2012 at 3:19 pm | #96

        Kemal Attaturk: …Islam worst traitor… (Soldier of Allah: 1924)

      • bapake yoga
        January 14, 2012 at 12:13 pm | #97

        Tul Bang Rudy, waktu umrah saya juga banyak ketemu orang Turki dan mereka baik-baik saja. Salam

  22. giraffe
    January 13, 2012 at 5:55 pm | #98

    rudy no :
    Tapi pelan2 sepertinya turki sudah mulai kembali ke jatidiri islamnya seperti dulu…CMIIW

    kata rasulullah, tinggalkanlah turki selama mereka meninggalkan kalian

    • January 13, 2012 at 8:42 pm | #99

      Setuju bung:)
      Yang penting kita tidak meninggalkan Quran dan Assunnah sebagai pedoman kita….

  23. kemal attaturk
    January 14, 2012 at 1:02 am | #100

    apa salahnya menggagumi Mustafa Kemal Attaturk ??
    dia adalah Bapak sekulerisme di dunia Islam
    xixixi…..

    • January 14, 2012 at 7:52 am | #101

      tapi SAMPAH dimata islam

    • January 14, 2012 at 10:04 pm | #102

      There is no place for “Secularisme in Islam…
      So there is no place for Mustafa Kemal Attaturk in Islam…
      Got it bro??

  24. muslim
    January 14, 2012 at 1:12 am | #103

    kok malah bahas turki… ha.ha.. klu pingin mengkaji islam jgn pake literatur “sentimen” donk.. mana kajian ilmiahnya???

  25. penyimak
    January 14, 2012 at 3:19 am | #104

    saya pengagum dan banyak membaca ttg sejarah turki masa lalu bahkan insya Allah saya akan mengujungi istambul dgn masjid birunya sbg saksi bisu dari jatuhnya bizantium ketangan muslim seperti yg sudah diriwayatkan dalam hadits Nabi Muhamad SAW, akhirnya 7 abad setelah hijriah, bizantium jatuh ketangan muslim. dan tidak ada yg istimewa dari attaturk kecuali kekacauan dan kemuduran bangsa turki, dibawah attaturk turki tdk menemui kemajuan apapun hingga diberikan julukan the sick man from europe, disemua bidang ekonomi hancur lebur,politik dikuasai oleh militer, tidak ada yg istimewa.

    bertahun-tahun lalu Turki diberi gelar ejekan ‘’the sick man of Europe’’, si sakit Eropa. Tahun ini 2012 diramalkan ekonomi Turki akan tumbuh 7,5%(data 2011 malah 9%), cukup tinggi, sementara Eropa tergagap-gagap. ‘’Mereka yang dulu menjuluki kami ‘’sakit’’, sekarang justru sedang sakit. Semoga Tuhan menyembuhkan mereka,’’ kata Zafer Caglayan, Menteri Perekonomian Turki sekarang yg bersama erdogan mencoba utk memulai kejayaan islam seperti era turki othoman.

    Berdasar survei yang dilakukan German Marshall Fund pada tahun 2004, 73% orang Turki kepingin negaranya gabung ke Uni Eropa. Tapi pada 2010, prosentase itu anjlok tinggal 38%. dan turki bersama Indonesia masuk club elite G-20, hanya negara yg mempunyai skala economi tertentu yg bisa bergabung.

    adalah mimpi erdogan dan partai sayap kananya(partai keadilan yg berhaluan Islam) yg memulai untuk mengembalikan kejayaan kesultanan turki utsmani. ’Perdana Menteri Erdogan ingin menjadi pemimpin konservatif muslim pertama yang membawa Turki ke Barat, tapi setelah Eropa mengkhianatinya, dia sudah menghentikan ambisinya itu,’’ kata Erol Yarar, pendiri kelompok bisnis Islam yang beranggotakan 20.000 perusahaan, yang dikenal dekat dengan Perdana Menteri Erdogan. ‘’Sekarang Uni Eropa sama sekali tak punya pengaruh kepada Turki dan kebanyakan orang Turki bertanya-tanya, untuk apa kami bergabung dengan kekacauan itu?

    -sumber peliataonline the turk economy growth-

    • January 14, 2012 at 10:15 pm | #105

      Hmmm….mudah2an umat islam indonesia bisa mengikuti jejak turki yang baik2 tentunya…percaya diri dengan jatidiri islamnya dan juga jati dirinya sebagai indonesia pemilik sesungguhnya kekayaan alam di indonesia….
      TFS

  26. bapake yoga
    January 14, 2012 at 11:38 am | #106

    Jack :
    saya yakin orang yang berakal tidak akan mampu memahami trinitas

    Wah wah wah…. gitu ya Bang Jack. Jadi kalo ada yg ngaku bisa memahami trinitas berarti dia …….berakal gak ya…..? he he he

    • January 14, 2012 at 2:14 pm | #107

      ya begitulah, wekekekeke

    • January 14, 2012 at 10:11 pm | #108

      Kalau orangnya paham bahwa trinitas itu 1+1+1= 3 saya yakin dia berakal…contoh si polosin yang kembali ke monoteisme….
      Ngomong2 si atar kemana ya? Pengen nanya trinitas itu politeisme atau bukan yah??

      • January 15, 2012 at 8:24 am | #109

        si atar masih di blognya siapmurtad duet sama fajaryehuda, cuman yaaah ilang2 timbul gitu

  27. sigit
    January 14, 2012 at 2:36 pm | #110

    kenapa harus trinitas ya? gak fournitas aj??

    • January 14, 2012 at 3:05 pm | #111

      biasanya sih kalau Trio itu lebih mantabs

    • January 14, 2012 at 10:06 pm | #112

      @jack,
      Biasanya trio memang lebih mantab, tapi kenapa ya oh kenapa si oknum ketiga yang tidak menggunakan kata2 “tuhan” yaitu Ruhul Kudus selalu lupa diperdebatkan yah??

      Kasihan dia sudah banyak berjasa mendapatkan domba2:(

      • Firza
        January 14, 2012 at 10:26 pm | #113

        iya ne bang rud,kok orang kristen sepertinya “melupakan” ruhul kudus,padahal ia termasuk satu dari yg tiga

      • January 15, 2012 at 8:21 am | #114

        resepnya belum ketemu bung, sudah ribuan tahun belum kelar juga bikin resepnya

  28. January 16, 2012 at 6:38 pm | #115

    Penghayat Perjalanan komentar moeslim & kristen

    salam :)

    senang melihat cara moeslim berdebat dengan benar dan tepat.

    tidak muter-muter dari pertanyaan. gag kek kang atar.. muter sana-muter sini

    mencari alamat, ga dapat-dapat jadinya (“alamat palsu”) heheh

    saya hanyalah pengamat…xixixi

  29. Andi
    January 19, 2012 at 10:43 pm | #116

    Tidak perlu kaget. Alkitab sudah menubuatkan bahwa di akhir zaman ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.
    Mengikut Yesus bukanlah paksaan tetapi pilihan. karena itulah di Kristen tidak ada kelompok atau laskah anti-pemurtadan.
    silahkan pilih, percaya kepada Yesus, anda selamat, masuk surga, menerima kehidupan yang kekal! atau menolak untuk percaya kepada Yesus dan masuk neraka yang kekal.

    • asfa
      January 20, 2012 at 7:10 am | #117

      Sihir Ajaran Pagan memang luar biasa,…….selamat berangan-angan

    • Gue Yesus
      January 20, 2012 at 2:10 pm | #118

      Ayo andi siapa yang suka menyesatkan orang? Siapa tuh roh-roh penyesat?

      • Andi
        January 20, 2012 at 4:51 pm | #119

        ayat di atas dikutip dari 1 Timotius 4:1. bunyi selengkapnya : “Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan”

      • January 21, 2012 at 1:53 pm | #120

        ciri roh penyesat itu seperti apa bung andi?

    • January 21, 2012 at 10:23 am | #121

      Anda juga tidak perlu kaget. Quran juga sudah menjelaskan bahwa kaum nasrani menuhankan nabi isa, dan itu merupakan dosa besar. Padahal Allah itu maha esa, tidak ada yang setara denganNya, dan tidak berbilang, tidak sama dengan manusia ciptaanNya, termasuk nabi isa, termasuk nabi Muhammad, kita semua, juga yesus yang anda pertuhankan..
      Silahkan anda pilih Tiada Tuhan selain Allah yang maha Esa, tidak setara, mutlak berbeda dengan ciptaanNya, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusanNya, dan bahwa juga nabi Isa hanya utusanNya bukan TUHAN!
      Kalau percaya kalimat diatas anda berarti menerima Islam dan siap menjalankan aturannya agar selamat dunia akhirat dan masuk surga.
      Atau memilih tetap menuhankan manusia, menyekutukan Allah dan masuk neraka yang kekal.

    • January 21, 2012 at 1:52 pm | #122

      minimal anda jelaskan dulu keadaan surga anda, siapa tahu nanti ada neter disini yang tertarik. bukan begitu bung andi?

      • January 25, 2012 at 6:11 pm | #123

        Ada malaikat perang lawan malaikat bung jac sambil naik naga…keren deh kayak film “LEGION” dimana Malaikat Gabriel berkelahi lawan Michael yang menang Michael, cuma Gabriel bawa pasukan zombie bung bukan naga

  30. hampa
    January 20, 2012 at 2:01 pm | #124

    @ andi yang polos

    Mas andi, kalau agama bukan paksaan kenapa tuh para misionoris suka bagiin indomie, beras, duwit… ngajak piknik suruh renang lalu dibabtis, yang ujung ujungnya suruh milih tuh agama kristen.

    Kalau agama bukan paksaan… kenapa tuh para pendeta… keluar masuk kampung nawarain agamanya kepada orang yg sdh beragama, kenapa tuh maksa bikin gereja dilingkungan yang umat kristennya nggak ada,

    Kalau agama bukan paksaan… kenapa tuh penjajah jaman dulu maksaain agama kristen pada daerah jajahannya……. kenapa……..?????????

    • Andi
      January 20, 2012 at 5:12 pm | #125

      kata siapa kami bagi2 indomie,beras,dll, supaya mereka milih agama Kristen atau memaksa masuk Kristen.bisa anda bawa kepada saya pendeta atau gereja yang melakukan hal tsb. jangan percaya kalau informasinya tidak jelas.

      memang dalam hari2 besar tertentu seperti Paskah dan Natal organisasi gereja seringkali melakukan aksi sosial berupa pembagian sembako dan sejenisnya, tetapi tujuan kami bukan supaya orang yang menerima masuk Kristen. kami hanya berbagi kasih atau berbagi berkat dengan orang2 yang berkekurangan, sebagai salah satu bukti kasih yang kami terima di dalam Yesus.

      kalau misalnya hal ini benar, kalau misalnya orang masuk Kristen karena indomie, … apakah anda tidak menyalahkan diri bagaimana seorang umat bisa melepaskan imannya hanya karena sebungkus indomie? rasional sedikit bro berpikir.saya rasa itu tidak mungkin terjadi, meninggalkan Islam hanya karena sebungkus indomie.

      menjadi orang Kristen itu tidak segampang orang masuk Islam, yaitu cukup mengucapkan beberapa kalimat sudah sah menjadi Islam.
      Inilah kriteria orang menjadi Kristen. Roma 10:9
      “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.”
      Perhatikan ayat itu, bahwa pertama-tama ia harus mengaku dnegan mulut bahwa Yesus adalah Tuhan. bukan mengaku Yesus adalah nabi, tetapi Yesus adalah Tuhan. Tetapi bukan sekedar mengaku dengan mulut, sebab hal ini dipaksa-paksa dengan campur tangan manusia. tetapi baca selanjutnya, bahwa orang itu harus percaya dalam hati. Hati/roh tidak bisa campur tangan manusia. itu masing-masing. jadi meskipun dia mengaku bahwa Yesus Tuhan tetapi kalau tidak percaya Yesus Tuhan, dia bukanlah Kristen. mengenai baptisan, itu langkah iman yang selanjutnya. jadi jangan pikir bahwa asal baptis, asal Kristen, dll. Menjadi Kristen tidak segampang menjadi Islam bro.

      saya tertarik tanggapan anda dengan istilah “nawarin”. Ya, para misionari, pendeta, hamba Tuhan, tim penginjilan hanyalah bersfat menawarkan keselamatan di dalam Yesus. bisa diterima, bisa ditolak. tetapi saya anjurkan Anda menerimanya supaya anda selamat.

      • January 21, 2012 at 10:27 am | #126

        Sepakat tidak ada paksaan dalam memilih agama apapun…
        Silahkan tawarkan agama anda asal pakai ilmu….bukan iming2…apa yang akan didapat dengan hanya sekedar iming2?? Hanya “Pengikut”…Juga bukan dengan tuduhan, tudingan, dan membelokkan ajaran asal orang tersebut tanpa ilmu tanpa konfirmasi dari pemeluk tersebut yang memang mempelajari agamanya dengan baik…..
        Anyway, Jika suatu saat ada iming2 yang lebih besar lagi dari kaum lain atau mungkin dari atheis ya tinggal pindah lagi….:D
        Kami juga menawarkan keselamatan tapi pakai ilmu juga tentunya….pakai iming2…ga dapat apa2 bung

      • Andi
        January 21, 2012 at 10:39 am | #127

        rudy no :
        Sepakat tidak ada paksaan dalam memilih agama apapun…
        Silahkan tawarkan agama anda asal pakai ilmu….bukan iming2…apa yang akan didapat dengan hanya sekedar iming2?? Hanya “Pengikut”…Juga bukan dengan tuduhan, tudingan, dan membelokkan ajaran asal orang tersebut tanpa ilmu tanpa konfirmasi dari pemeluk tersebut yang memang mempelajari agamanya dengan baik…..
        Anyway, Jika suatu saat ada iming2 yang lebih besar lagi dari kaum lain atau mungkin dari atheis ya tinggal pindah lagi….:D
        Kami juga menawarkan keselamatan tapi pakai ilmu juga tentunya….pakai iming2…ga dapat apa2 bung

        maksud anda dengan ‘iming2′ apa bro. buat tanggapan yang jelas dong bro, sehingga yang lain juga mengerti.

      • January 21, 2012 at 10:48 am | #128

        http://www.voa-islam.com/news/indonesiana/2011/12/23/17161/kristenisasi-makin-brutal-dari-masjid-umat-diangkut-ke-gereja-dipaksa-kebaktian/

        Simak berita tersebut diatas, apa bukan iming2?? Masih ingat soal kasus mobil pintar di bekasi yang juga sedang diusut polisi bekasi?? Apa itu bukan iming2…..?

        Mungkin anda bisa berkomentar lebih lanjut, berita ini tidak benar dan sebagainya….silahkan…..tidak apa2…
        Dan biar tuduh menuduh A begini B begitu tidak berlanjut, lebih baik ngomongin artikel diatas….
        Menurut artikel diatas alasan polosin kembali ke Islam karena ingin kembali ke monoteisme…sementara sebelumnya polosin beragama kristen dan karena kristen bukan monoteisme makanya dia kembali ke islam….
        Bukan monoteisme berarti politeisme….berarti kristen agama polosin sebelumnya adalah politeisme…..betul begitu bung??

      • January 21, 2012 at 11:07 am | #129

        Biar paham apa itu menawarkan agama dengan iming2…maksudnya menawarkan agama dengan iming2 materi, uang, pangan, jabatan, segala sesuata yang sifatnya duniawi bukan dengan ILMU…..
        Daripada dilanjutkan dengan tuduh menuduh, anda tidak mau dituduh, kamipun tidak mau juga dituduh..
        Jadi mendingan ngomongin artikel diatas;)

      • Andi
        January 21, 2012 at 1:06 pm | #130

        rudy no :
        Biar paham apa itu menawarkan agama dengan iming2…maksudnya menawarkan agama dengan iming2 materi, uang, pangan, jabatan, segala sesuata yang sifatnya duniawi bukan dengan ILMU…..
        Daripada dilanjutkan dengan tuduh menuduh, anda tidak mau dituduh, kamipun tidak mau juga dituduh..
        Jadi mendingan ngomongin artikel diatas;)

        bro terlalu mengada-ada. bagaimana kami mau menawarkan jabatan, misalkan di pemerintahan, sedangkan yang pegang kekuasaan pemerintahan di Indonesia adalah orang2 yang beragama Islam.

      • January 25, 2012 at 5:50 pm | #131

        “bagaimana kami mau menawarkan jabatan, ”

        =================

        Hehehe emang jabatan dipemerintahan doang??
        Jabatan di perusahaan? jadi direktur, jadi supervisor di sebuah perusahaan itu bukan jabatan bung??
        Kenapa pula kata Jabatan yang hanya anda tanggapi,
        pangan, sandang, uang, tidak anda sebutkan??

  31. January 21, 2012 at 10:59 am | #132
    • January 21, 2012 at 11:08 am | #133

      Oya….thanks infonya bro…:)

      • January 21, 2012 at 11:16 am | #134

        samo-samo bung, biaso beeee……………………….

    • Andi
      January 21, 2012 at 1:16 pm | #135

      thanks untuk linknya. dari artikel tsb kita sudah lihat bahwa itu dikelola Yayasan artinya swasta. saya lihat dari gambarnya, anak-aak diajari operasikan laptop. orang yang tidak tahu menjadi tahu. bagus kan.
      kemudian darimana pula taunya ormas itu bahwa mobil pintar mempropaganda ajaran islam.
      janganlah karena mobilnya milik yayasan Kristen, terus langsung negatif thinking begitu. ini yang seringkali menjadi kelemahan Islam, negatif thinking, dan digunakan sebagian orang merusak kerukunan beragama.

      • January 21, 2012 at 1:57 pm | #136

        dan stempel negatif thinking itu yang sering diterima islam agar kristen dengan mudah menebar fitnah. bukan begitu bung andi? mau bukti?

      • alfa
        January 21, 2012 at 1:57 pm | #137

        Bagaimana tidak menjadi negatif thinking kalau bercermin dari pengalaman bahwa dalam banyak kegiatan selalu saja kristen ada maunya.

        Jadi yang sangat perlu adalah merubah mind setnya sebagian orang kristen untuk jangan berfikir bahwa semua orang harus menjadi kristen.

        Kenapa saya katakan sebagian, karena teman-teman saya banyak yg kristen tapi biasa-biasa aja tuh, meraka sangat toleran dan sangat menghormati keyakinan saya sehingga sayapun hormat pada mereka, bahkan kalau ada sedikit nyerempet ke masalah keyakinan mereka cuma senyum2 aja.

      • alfa
        January 21, 2012 at 2:09 pm | #138

        cuma memang susahnya sudah menjadi doktrin kalau semua di dunia ini harus kristen kan?

        bagi islam jelas “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”

        jadi pihak mana sih yang agresif ?

      • Andi
        January 21, 2012 at 2:15 pm | #139

        alfa :
        Bagaimana tidak menjadi negatif thinking kalau bercermin dari pengalaman bahwa dalam banyak kegiatan selalu saja kristen ada maunya.
        Jadi yang sangat perlu adalah merubah mind setnya sebagian orang kristen untuk jangan berfikir bahwa semua orang harus menjadi kristen.
        Kenapa saya katakan sebagian, karena teman-teman saya banyak yg kristen tapi biasa-biasa aja tuh, meraka sangat toleran dan sangat menghormati keyakinan saya sehingga sayapun hormat pada mereka, bahkan kalau ada sedikit nyerempet ke masalah keyakinan mereka cuma senyum2 aja.

        karena itu bergaulah bung dengan Kristen, supaya anda tahu Kristen itu siapa. jangan hanya memandang dari jauh, dan akhirnya membuat kesimpulan sendiri ttg Kristen.

      • Andi
        January 21, 2012 at 10:49 pm | #140

        alfa :
        cuma memang susahnya sudah menjadi doktrin kalau semua di dunia ini harus kristen kan?
        bagi islam jelas “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”
        jadi pihak mana sih yang agresif ?

        anda dengar darimana mana bro bahwa ada doktrin menjadikan dunia harus menjadi Kristen. yang betul itu adalah semua orang di dunia harus mendengar Injil Yesus Kristus. amanat agung Yesus dalam Matius 28, beritakanlah Injil ke seluruh dunia. bukan jadikan dunia menjadi Kristen.

      • January 25, 2012 at 7:37 pm | #141

        Baca lagi dong artikelnya….pihak SEKOLAH juga melaporkan tingkah mobil ini….piye tho??

      • alfa
        January 25, 2012 at 9:11 pm | #142

        bukan hanya mendengar lho bung andi :)
        ini lho ayatnya

        Filipi2:10-11
        “supaya dalam nama Yesus BERTEKUK LUTUT segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan SEGALA LIDAH MENGAKU : “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!”

        bagaimana anda menafsirkan ini ?

    • Andi
      January 21, 2012 at 1:20 pm | #143

      dan kalau tahu bahwa itu Yayasan Kristen, dan alergi dengan Kristen, jangan ikut program mobil pintarnya dong. mendiang Gus Dur berkata : gitu aja koq repot

      • January 21, 2012 at 1:58 pm | #144

        bagi yang tahu sih tidak akan ikut, tapi bagaimana yang tidak tahu?

      • January 25, 2012 at 5:48 pm | #145

        Lah lha wong mobil pintarnya yang datang ke sekolah tsb, awalnya mereka pikir itu mobil pintar resmi dari pemerintah, tapi ternyata ujung2nya kok bagi2in buku rohani dan boneka2 dengan nyanyian rohani….mereka kan tau belakangan bung….
        Menurut anda itu manipulasi apa bukan bung cara menyebarkan agama dengan demikian??

        Aneh2 aja kamu ini

    • firza
      January 26, 2012 at 1:00 am | #146

      bro bonek orang palembang y ?

  32. January 25, 2012 at 7:39 pm | #147

    @Bung Andi…
    nanya lagi nih, barangkali lupa ya pertanyaan saya yang sudah2

    biar juga tuduh menuduh A begini B begitu tidak berlanjut, lebih baik ngomongin artikel diatas….
    Menurut artikel diatas alasan polosin kembali ke Islam karena ingin kembali ke monoteisme…sementara sebelumnya polosin beragama kristen dan karena kristen bukan monoteisme makanya dia kembali ke islam….
    Bukan monoteisme berarti politeisme….berarti kristen agama polosin sebelumnya adalah politeisme…..betul begitu bung??

  33. Rasya
    January 30, 2012 at 9:18 am | #148

    Assalamualikum..

    Terima kasih teman-teman muslim yang senantiasa memberikan pencerahan dan penjelasan sesuai dengan kejujuran Al-Qur’an dan Al-Hadist.
    ijinkan saya sebagai orang yang sedang memperdalam Islam untuk bergabung..

    Wassalam,

  34. Firza
    January 30, 2012 at 11:55 am | #149

    wa’alaikumsallam…selamat bergabung saudara Rasya

  35. ndog asin
    January 30, 2012 at 12:53 pm | #150

    jadi banyak tau KEHEBATAN al quran dan jadi banyak tau keNGAWURan alkitab setelah baca baca artikel plus komentar di blog ini… mantab..

    alhamdulillah

  36. ahmad hamam fajri
    January 31, 2012 at 2:31 pm | #151

    assalammu’alaikum
    Saudara2ku seiman,
    BERDEBAT AGAMA DALAM ISLAM

    Bismillah,

    Apa Hukum Berdebat tentang Agama dalam Islam?

    Dari Abu Umamah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda:

    مَا ضَلَّ قَوْمٌ بَعْدَ هُدًى كَانُوا عَلَيْهِ إِلَّا أُوتُوا الْجَدَلَ ثُمَّ تَلَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَذِهِ الْآيَةَ: مَا ضَرَبُوهُ لَكَ إِلَّا جَدَلًا بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُونَ

    “Tidaklah suatu kaum tersesat setelah tadinya mereka berada di atas petunjuk kecuali karena mereka adalah kaum yang senang melakukan perdebatan.”

    Kemudian beliau membaca ayat ini,

    “Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud berdebat saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar.” (QS. Az-Zukhruf: 58) (HR. At-Tirmizi no. 3253, Ibnu Majah no. 47, dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 5633)

    Dari Aisyah radhiallahu ‘anha dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

    إِنَّ أَبْغَضَ الرِّجَالِ إِلَى اللَّهِ الْأَلَدُّ الْخَصِمُ

    “Sesungguhnya orang yang paling dimurkai Allah adalah orang yang paling keras permusuhannya dan yang menantang jika diterangkan hujjah kepadanya”. (HR. Al-Bukhari no. 2457 dan Muslim no. 2668)

    Dari Abu Umamah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

    أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

    “Aku akan menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan meskipun dia yang benar. Aku juga menjamin rumah di tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan kedustaan walaupun dia sedang bergurau. Dan aku juga menjamin rumah di surga yang paling tinggi bagi siapa saja yang berakhlak baik.” (HR. Abu Daud no. 4800 dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 1464)

    Perdebatan dalam agama yang tidak sesuai dengan aturan syar’i/ adab adab merupakan salah satu di antara penyakit lisan yang sangat berbahaya. Dia merupakan sebab terjadinya perpecahan, pemutusan hubungan, saling menjauhi di antara sesama manusia. Perdebatan juga bisa menjadi sebab keras dan sesaknya hati karena bisa melahirkan kedengkian kepada kaum lainnya, plus banyaknya waktu yang terbuang akibat melakukan perdebatan ini dan kurangnya manfaat yang lahir darinya.

    Karenanya Allah Ta’ala dan Rasul-Nya telah menutup semua wasilah menuju kepada perdebatan yang tidak bermanfaat, dengan memberikan janji surga kepada orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia yang benar, dan sebaliknya Allah sangat murka kepada orang-orang yang bergampangan terjun dalam perdebatan tanpa mengindahkan aturan-aturan syariat di dalamnya.

    Maka ini menunjukkan bahwa hukum asal berdebat dalam agama adalah haram, kecuali jika terpenuhi syarat-syaratnya, yaitu:
    1. Ikhlas guna meninggikan kalimat Allah, bukan dengan niat untuk menjadi tenar.
    2. Orang yang berdebat harus mapan keilmuannya dalam masalah yang dia perdebatkan. Jika dia orang yang jahil atau ilmunya masih setengah-setengah maka diharamkan atasnya
    3. Dia yakin -atau dugaan besar- dia bisa menang. Jika dia tidak yakin bisa menang maka dia wajib meninggalkan perdebatan itu.
    4. Ada kemungkinan pihak lawan jika dia kalah maka dia akan kembali kepada kebenaran. Jika pihak lawan diketahui sebagai orang yang keras kepala dan tidak akan bertaubat walaupun kalah maka tidak boleh berdebat dengannya.
    5. Jika dia tidak berdebat maka kebenaran akan tertutupi dan kebatilan yang akan menyebar.
    6. Ada maslahat darinya, baik yang kembalinya kepada pihak lawan dengan dia bertaubat maupun yang kembalinya kepada masyarakat dengan mereka menjauhi pihak lawan tersebut. Adapun jika tidak ada manfaatnya sama sekali, walaupun mereka kalah tapi masyarakat tetap tidak goyah dalam mengikuti mereka maka ini perdebatan itu adalah perbuatan sia-sia.

    Perdebatan Yang Tercela:

    Yaitu semua perdebatan dengan kebatilan, atau berdebat tentang kebenaran setelah jelasnya, atau perdebatan dalam perkara yang tidak diketahui oleh orang-orang yang berdebat, atau perdebatan dalam mutasyabih (1) dari Al-Qur’an atau perdebatan tanpa niat yang baik dan yang semisalnya.

    Perdebatan Yang Terpuji:

    Adapun jika perdebatan itu untuk menampakkan kebenaran dan menjelaskannya, yang dilakukan oleh seorang ‘alim dengan niat yang baik dan konsisten dengan adab-adab (syar’iy) maka perdebatan seperti inilah yang dipuji. Allah Ta’ala berfirman :

    ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

    “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik”. (QS. An-Nahl : 125)

    Dan Allah Ta’ala berfirman :

    وَلَا تُجَادِلُوا أَهْلَ الْكِتَابِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

    “Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik”. (QS. Al-‘Ankabut : 46)

    • bapake yoga
      January 31, 2012 at 4:14 pm | #152

      Kalau di agama Islam ada aturan gitu, ya kita ikuti. Tapi kalau di agama lain gak ada aturan gitu, ya kita lihat saja etika mereka kayak apa ?!

    • January 31, 2012 at 5:59 pm | #153

      Terimakasih selalu mengingatkan kita bro….moga2 kita bisa berdebat atau berhujjah atau berdiskusi dengan golongan non islam dengan cara yang paling sebagaimana QS Alankabut 46…..kalau ada salah dalam berhujjah mohon dibenarkan juga bro:)

      Wassalam

  37. Firza
    January 31, 2012 at 2:46 pm | #154

    terimah kasih banyak saudaraku…

    semoga nasehat yang sangat berguna ini bisa membawa kita pada kebaikan yang hakiki.

    amin….

  38. isa
    February 1, 2012 at 8:31 am | #155

    Sungguh biadab modus salib iblis dlm kristenisasi, bagi rekan2 berhati-hati dlm pertemanan di jejaring sosial :

    http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/02/01/lyohta-hilang-tujuh-bulan-seorang-siswi-smk-ditemukan-dalam-kondisi-hamil

KIRIM KOMENTAR

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 235 other followers